kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rusia Sebut Militer Ukraina Kehilangan 1.200 Prajurit dalam Serangan Terbarunya


Rabu, 31 Agustus 2022 / 11:40 WIB
Rusia Sebut Militer Ukraina Kehilangan 1.200 Prajurit dalam Serangan Terbarunya


Sumber: TASS | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Selasa (30/8) melaporkan bahwa Ukraina telah kehilangan lebih dari 1.200 dalam serangan terbarunya ke wilayah Nikolayev-Krivoi Rog. Rusia pun melihat upaya tersebut sebagai kegagalan.

Juru bicara kementerian, Letnan Jenderal Igor Konashenkov, mengklaim bahwa militer Rusia telah berhasil menghancurkan tank, kendaraan tempur infanteri, hingga kendaraan lapis baja milik Ukraina dalam 24 jam terakhir.

"Dalam 24 jam terakhir, dalam operasi efektif mereka, pasukan Rusia melenyapkan 48 tank, 46 kendaraan tempur infanteri, 37 kendaraan lapis baja tempur lainnya, 8 kendaraan pikap dengan senapan mesin kaliber besar dan lebih dari 1.200 prajurit Ukraina," ungkap Konashenkov, seperti dikutip TASS.

Konashenkov bahkan menyebut ada lima prajurit dari brigade Ukraina yang menyerah.

Baca Juga: Rusia: Kami Tidak akan Hentikan Serangan Militer di Ukraina

"Pasukan Rusia melancarkan serangan dengan senjata presisi berbasis darat, melenyapkan lebih dari 200 militan Ukraina dan sekitar 40 tentara bayaran asing di Wilayah Dnepropetrovsk," lanjut Konashenkov.

Secara rinci, Konashenkov menyebutkan armada mereka telah menghancurkan target seperti tempat penempatan sementara dan gudang amunisi brigade tank pertama tentara Ukraina.

Pesawat tempur, pasukan rudal, dan artileri Rusia juga menyerang lima pos komando tentara Ukraina selama serangan terbaru mereka.

"Serangan itu menghancurkan 52 unit artileri Ukraina, tenaga kerja dan perangkat keras militer di 142 daerah. Pasukan Rusia juga memusnahkan tiga senjata rudal atau artileri an gudang amunisi di dekat pemukiman Sarny di Wilayah Rovno, Krivoi Rog di Wilayah Dnepropetrovsk dan Vernopolye di Wilayah Kharkov," tambah Konashenkov.

Baca Juga: Ukraina Klaim Serangan Terbarunya Berhasil Melemahkan Pertahanan Rusia di Selatan

Tidak hanya itu, Pasukan Dirgantara Rusia juga mengklaim telah berhasil melenyapkan bengkel produksi pabrik Intervzryvprom di Krivoi Rog yang memproduksi bahan peledak untuk tentara Ukraina.

Secara keseluruhan, militer Rusia hingga saat ini telah menghancurkan 278 pesawat tempur, 148 helikopter, 1.837 kendaraan udara tak berawak, 370 sistem rudal permukaan-ke-udara, 4.539 tank dan kendaraan lapis baja tempur lainnya milik Ukraina.

Militer Ukraina juga telah kehilangan 822 peluncur roket ganda, 3.357 senjata artileri lapangan dan mortir, serta 5.136 kendaraan bermotor khusus militer sejak awal invasi.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×