kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rusia: Tidak Ada Genjatan Senjata Saat Natal


Kamis, 15 Desember 2022 / 09:18 WIB
Rusia: Tidak Ada Genjatan Senjata Saat Natal
ILUSTRASI. Moskow mengatakan tidak ada gencatan senjata saat Natal setelah hampir 10 bulan perang yang menghancurkan di Ukraina. Radio Free Europe/Radio Liberty/Serhii Nuzhnenko via REUTERS


Sumber: Channelnewsasia.com,Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - KYIV. Moskow pada Rabu (14 Desember) mengatakan tidak ada gencatan senjata saat Natal setelah hampir 10 bulan perang yang menghancurkan di Ukraina, bahkan ketika pembebasan puluhan tahanan lainnya termasuk seorang Amerika menunjukkan bahwa beberapa kontak antara kedua belah pihak tetap ada.

Rusia dan Ukraina saat ini tidak terlibat dalam pembicaraan untuk mengakhiri pertempuran, yang berkecamuk di timur dan selatan dan mencapai Kyiv lagi pada Rabu. Puluhan ribu orang telah terbunuh, jutaan lainnya mengungsi dan kota-kota menjadi puing-puing sejak Rusia menginvasi tetangganya pada 24 Februari.

"Tidak ada ketenangan di garis depan," kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam pidato video malam reguler, menggambarkan penghancuran kota-kota di timur oleh Rusia dengan artileri sehingga hanya reruntuhan dan kawah kosong yang tersisa.

Baca Juga: Rusia Menolak Seruan Zelenskiy Menarik Pasukan, Ukraina Harus Menerima Kenyataan

Zelenskyy mengatakan minggu ini Rusia harus mulai mundur menjelang Natal sebagai langkah untuk mengakhiri konflik, yang terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II. Moskow langsung menolak proposal itu, dengan mengatakan Ukraina harus menerima hilangnya wilayah ke Rusia sebelum kemajuan apa pun dapat dicapai.

Meskipun tidak ada pembicaraan damai, ratusan tahanan telah dibebaskan dalam beberapa pekan terakhir, bersama dengan kemajuan dalam pembicaraan untuk melanjutkan ekspor bahan pupuk Rusia dan perpanjangan kesepakatan biji-bijian yang telah menunjukkan kedua belah pihak mempertahankan setidaknya kontak terbatas di beberapa tingkatan.

Pertukaran puluhan tahanan terbaru termasuk seorang warga negara AS, Kyiv dan Washington mengatakan pada hari Rabu.

Kepala administrasi kepresidenan Ukraina Andriy Yermak mengidentifikasi orang Amerika itu sebagai Suedi Murekezi, yang katanya telah membantu rakyat Ukraina sebelum berakhir di tahanan Rusia. The Washington Post mengatakan Murekezi adalah seorang veteran Angkatan Udara AS yang lahir di Uganda.

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby tidak menyebutkan nama orang Amerika yang dibebaskan itu, dengan alasan masalah privasi.

"Kami tentu menyambut baik berita itu," kata Kirby kepada wartawan.

Kirby mengatakan skala kekerasan yang sedang berlangsung membuat harapan untuk segera mengakhiri permusuhan.

Baca Juga: Militer Rusia Mulai Serukan Penggunaan Senjata Nuklir di Ukraina

"Mengingat apa yang kita lihat di udara dan di darat di Ukraina, sulit untuk menyimpulkan bahwa perang ini akan berakhir pada akhir tahun," kata Kirby menanggapi pertanyaan tentang prospek perdamaian yang dirundingkan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Kepala Komite Palang Merah Internasional mengatakan pada hari Rabu bahwa kesepakatan pertukaran semua tawanan perang adalah opsi dalam konflik Ukraina-Rusia. ICRC menekankan terserah kedua negara untuk mencapai kesepakatan tentang masalah ini.

Presiden ICRC Mirjana Spoljaric mengatakan pertukaran besar dapat membangun kepercayaan dan pertukaran semacam itu di masa lalu merupakan langkah pertama menuju kesepakatan yang lebih luas.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×