kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saham Rivian masih terus melonjak, kapitalisasi pasarnya menyalip Volkswagen


Rabu, 17 November 2021 / 10:52 WIB
Saham Rivian masih terus melonjak, kapitalisasi pasarnya menyalip Volkswagen
ILUSTRASI. Rivian memperkenalkan mobil pickup R1T yang sepenuhnya ditenagai listrik pada gelaran Los Angeles Auto Show di Los Angeles, California, AS, 27 November 2018.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID - CALIFORNIA. Saham produsen mobil listrik (EV), Rivian Automotive Inc. terus naik lima hari berturut-turut dan mendorong valuasinya naik lebih dari dua kali lipat sejak debut perdagangan minggu lalu. Bahkan, kapitalisasi pasarnya sekarang menyalip Volkswagen AG.

Mengutip Bloomberg Selasa (16/11), saham mereka melonjak 20% menjadi US$ 179,47 di New York pada hari Selasa kemarin. Itu berarti saham Rivian sudah naik 121% dari harga penawaran umum perdana US$ 78. 

Tak main-main, valuasi pasar perusahaan menjadi sekitar US$ 153 miliar dan menjadikan Rivian sebagai perusahaan AS terbesar dengan tidak memiliki pendapatan sepeser pun.

Selain itu, Rivian, yang ada sokongan dari Amazon.com Inc. dan Ford Motor Co., telah mengambil alih kapitalisasi pasar Volkswagen sebesar US$ 137 miliar. Hal ini dikarenakan investor telah berbondong-bondong masuk ke sektor EV dengan tidak hanya masuk ke Tesla Inc sebagai pelopor industri

Padahal, Volkswagen adalah produsen mobil terbesar di Eropa dengan sekitar 10 juta pengiriman kendaraan per tahun, menjadikannya nomor dua global di belakang Toyota Motor Corp. 

Volkswagen juga selalu menghasilkan pendapatan sekitar 250 miliar euro setara US$ 300 miliar setiap tahun dan menargetkan sekitar 15 miliar euro dalam arus kas bersih bersih otomotif tahun ini. 

Sebaliknya, Rivian, yang mengembangkan truk pikap listrik, R1T dan SUV listrik, R1S, baru mulai mengirimkan beberapa truk pada September, sebagian besar kepada karyawannya sendiri. Produksi tahunannya baru ditargetkan mencapai 150.000 kendaraan di fasilitas utamanya pada akhir 2023.

Produsen EV lainnya, Lucid Group Inc. juga mengalami peningkatan signifikan dengan sahamnya ditutup naik 24% dan melampaui valuasi Ford. Sekarang,  Lucid menjadi perusahaan senilai US$ 91 miliar, menyalip valuasi Ford yang senilai US$ 79 miliar.

Kondisi tersebut menunjukkan kalau saham-saham EV banyak menarik minat investor ritel yang meningkat dalam beberapa pekan terakhir, dengan Rivian, Lucid dan Tesla menduduki puncak daftar platform perdagangan ritel Fidelity tentang aset yang paling banyak dibeli pada hari Selasa (16/11). 

Selain itu, aksi jual baru-baru ini yang dilakukan Elon Musk di saham Tesla juga bisa menjadi keuntungan bagi Rivian. “Rivian telah menjadi varian EV bulan ini karena investor tidak tahu apakah Elon Musk sudah selesai menjual saham Tesla,” Ed Moya, analis pasar senior di Oanda Corp.

Moya pun melihat bahwa Rivian masih memiliki potensi pertumbuhan yang jauh lebih besar daripada yang bisa didapatkan dari Tesla. Ia mengacu pada potensi pengembalian dari kedua saham tersebut.




TERBARU

[X]
×