kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Samsung diminta pisahkan bisnis oleh investor


Senin, 28 November 2016 / 18:06 WIB
Samsung diminta pisahkan bisnis oleh investor


Reporter: Mona Tobing | Editor: Rizki Caturini

SEOUL. Samsung Electronic Co tengah menghadapi tekanan dari investornya. Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini diminta untuk memisahkan bisnis dengan membentuk sebuah holding dan perusahaan operasional secara terpisah. Juga, membayar dividen khusus senilai US$ 26 miliar.

Elliot Management yang memiliki 0,6% saham Samsung mengusulkan aksi ini. Bloomberg melaporkan, sejumlah eksekutif Samsung dan tim Elliot Management telah berbicara dengan investor lainnya di Amerika Serikat dan Korea untuk meminta pendapat untuk merombak bisnis Samsung tersebut.

Sumber yang mengetahui rencana tersebut mengatakan, sejumlah pemegang saham tidak puas dengan kondisi Samsung pasca kriris baterai Samsung yang merugikan perusahaan hingga US$ 6 miliar. Selain itu gejolak politik dalam negeri Korea Selatan yang membuat kantor Samsung digeledah sebanyak dua kali karena diduga terlibat dalam skandal politik Presiden Korea Selatan Park Geun hye.

Hal ini juga didorong oleh adanya perpecahan antar keluarga yang mengelola Samsung. Surat Kabar Korea Selatan Seoul Economic Daily melaporkan, Samsung tengah mempertimbangkan rencana pemisahan bisnis tersebut. Rencananya persetujuan pemisahan unit bisnis ini akan dijawab Samsung pada akhir bulan ini.

Awal tahun ini, Samsung menyelesaikan pembelian saham kembali senilai 11,3 triliun won dan telah berkomitmen untuk menambah arus kas pemegang saham dari 30% menjadi 50% selama tiga tahun dimulai sejak tahun 2015. 

Investor Mendukung

Usulan dari Elliot Management didukung oleh sejumlah investor Samsung lainnya. Daniel O'Keefe, Managing Director dari Artisan Partners yang juga merupakan pemegang saham Samsung setuju dengan proposal dari Elliot Management.

Daniel berpendapat, Samsung perlu direstrukrisasi karena secara struktural, tata kelola dan struktur manajemen saat ini dinilai tidak lagi cocok untuk industri teknologi yang cepat berubah dan sangat kompetitif. "Kami pikir wajar jika stakeholders menuntut tata kelola perusahaan yang baik," ucap O'Keefe.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×