kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45764,61   -6,06   -0.79%
  • EMAS887.000 -1,88%
  • RD.SAHAM 0.90%
  • RD.CAMPURAN 0.65%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.47%

Samsung dominasi penjualan smartphone 5G pada tahun 2019


Jumat, 03 Januari 2020 / 14:11 WIB
Samsung dominasi penjualan smartphone 5G pada tahun 2019
ILUSTRASI. Samsung menjual 6,7 juta smartphone 5G pada tahun 2019. REUTERS/Kim Hong-Ji/File Photo

Sumber: CNN | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen smartphone terbesar di dunia Samsung memperluas keunggulannya atas pesaing dalam penjualan perangkat 5G. Samsung menjual 6,7 juta smartphone 5G pada tahun 2019 dan sekarang menyumbang lebih dari setengah pasar global.

Raksasa teknologi Korea Selatan ini melampaui harapannya sendiri, setelah menetapkan target penjualan untuk tahun ini sekitar 4 juta.

Baca Juga: Nokia berencana comeback dengan penuh kejutan, begini kisahnya

Samsung memiliki keuntungan sebagai motor penggerak pertama ketika datang ke smartphone yang berjalan di jaringan baru berkecepatan tinggi, mengalahkan saingannya ketika meluncurkan Galaxy S10 5G untuk pelanggan Verizon pada Mei tahun lalu. Di sisi lain, Apple diperkirakan tidak memiliki smartphone yang mendukung 5G hingga akhir 2020.

Verizon juga operator pertama yang menawarkan ponsel yang kompatibel 5G ketika meluncurkan smartphone moto z3. Namun, telepon itu memerlukan aksesori yang terpasang di bagian belakang perangkat untuk mengakses jaringan 5G.

Samsung sejak itu merilis empat smartphone 5G lainnya di bawah seri Galaxy andalannya - Note 10 5G, Note 10+ 5G, A90 5G dan Galaxy Fold 5G. Perusahaan juga akan merilis tablet 5G pertamanya, Galaxy Tab S6 5G, kepada pelanggan di Korea pada kuartal pertama tahun 2020.

Baca Juga: Sepanjang 2019, Erajaya Swasembada (ERAA) menambah 252 gerai baru

"Kami sangat senang membawa 5G ke lebih banyak kategori perangkat dan memperkenalkan orang-orang tentang pengalaman seluler yang mereka tidak pernah pikirkan mungkin," kata TM Roh, kepala penelitian di divisi komunikasi seluler Samsung, dalam sebuah pernyataan.

Samsung telah diuntungkan dari masalah yang dihadapi Huawei saat ini, pembuat peralatan telekomunikasi terbesar di dunia dan penjual smartphone terkemuka.

Washington memasukkan Huawei ke daftar hitam perdagangan pada bulan Mei, yang melarang perusahaan-perusahaan AS untuk menjual teknologi penting dan komponen ke raksasa teknologi China. Larangan itu juga mengurangi ambisi Huawei untuk mendominasi pasar ponsel pintar global 5G.

Baca Juga: Produsen smartphone HTC dikabarkan akan kembali ramaikan pasar Indonesia

Ketika pasar bersiap untuk generasi berikutnya dari teknologi nirkabel ultra-cepat, analis di perusahaan sekuritas Daishin memperkirakan bahwa Samsung akan berada di atas angin sebagai satu-satunya produsen smartphone 5G di dunia di luar China.



TERBARU

[X]
×