Saudi Aramco Siap Untuk Meningkatkan Produksi Minyak Maksimum

Senin, 15 Agustus 2022 | 08:26 WIB Sumber: Reuters
Saudi Aramco Siap Untuk Meningkatkan Produksi Minyak Maksimum

ILUSTRASI. Laba bersih Saudi Aramco meningkat 90% menjadi 181,64 miliar riyal (US$ 48,39 miliar) untuk kuartal kedua hingga 30 Juni 2022.

KONTAN.CO.ID - DUBAI. Saudi Aramco siap untuk meningkatkan produksi minyak mentah hingga kapasitas maksimumnya 12 juta barel per hari (bph) jika diminta oleh pemerintah Arab Saudi.

CEO Aramco Amin Nasser mengatakan, permintaan minyak global sehat dan pelonggaran pembatasan Covid-19 China dan peningkatan dalam industri penerbangan dapat menambah permintaan.

"Ada permintaan yang sehat dengan kapasitas cadangan yang sangat terbatas yang tersedia saat ini," kata Nasser kepada Reuters.

Baca Juga: Harga Minyak Turun di Tengah Prediksi Peningkatan Pasokan

Laba bersih Saudi Aramco meningkat 90% menjadi 181,64 miliar riyal (US$ 48,39 miliar) untuk kuartal kedua hingga 30 Juni 2022. Laba bersih Aramco pun lebih tinggi ketimbang perkiraan rata-rata dari 15 analis sebesar US$ 46,2 miliar.

Perusahaan minyak Saudi ini mengumumkan dividen kuartal kedua sebesar US$ 18,8 miliar, sesuai dengan targetnya sendiri. Saudi Aramco akan membayar dividen pada kuartal ketiga.

"Kami yakin dengan kemampuan kami untuk meningkatkan hingga 12 juta barel per hari setiap kali ada kebutuhan atau panggilan dari pemerintah atau dari kementerian energi untuk meningkatkan produksi kami," imbuh dia.

Baca Juga: Saham Emiten Ini Layak Dilirik Saat IHSG Bergerak Fluktuatif

Nasser, menyuarakan keprihatinan atas kurangnya investasi global dalam hidrokarbon yang telah menyebabkan kapasitas cadangan sangat terbatas. Aramco mengatakan total produksi hidrokarbon rata-rata adalah 13,6 juta barel setara minyak per hari pada kuartal kedua. Aramco berupaya untuk meningkatkan produksi dari berbagai sumber energi, termasuk energi terbarukan dan hidrogen biru serta minyak dan gas.

Perusahaan minyak ini mengerek belanja modal 25% menjadi US$ 9,4 miliar pada kuartal kedua dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2021. Aramco mengatakan terus berinvestasi dalam pertumbuhan, memperluas bisnis bahan kimia dan mengembangkan prospek dalam bisnis rendah karbon. Aramco juga sedang mempelajari peluang di sektor liquid-to-chemicals dengan fokus pada pasar Asia.

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru