kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saus Rahasia Warren Buffett: Jadilah Pemilih Bisnis, Bukan Pemilih Saham


Jumat, 11 Agustus 2023 / 12:28 WIB
Saus Rahasia Warren Buffett: Jadilah Pemilih Bisnis, Bukan Pemilih Saham
ILUSTRASI. Warren Buffett mengatakan dia dan wakil ketua Charlie Munger bukanlah pemilih saham, melainkan pemilih bisnis. REUTERS/Rick Wilking


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

NASEHAT WARREN BUFFETT - Pendiri Berkshire Hathaway Warren Buffett mengatakan dia dan wakil ketua Charlie Munger bukanlah pemilih saham, melainkan pemilih bisnis.

Melansir CNBC, dalam surat pemegang saham tahunan perusahaan yang diterbitkan pada akhir pekan, Buffett menjelaskan bahwa "saus rahasia" dari kesuksesan investasi mereka adalah berinvestasi dalam bisnis dengan karakteristik ekonomi menguntungkan yang tahan lama dan manajer yang dapat dipercaya.

Pendekatan ini dikenal sebagai investasi nilai, di mana tujuannya adalah untuk mempertahankan saham berkinerja terbaik daripada memperdagangkan saham berdasarkan fluktuasi harga jangka pendek, atau dikenal sebagai investasi aktif.

Tentu saja, memilih pemenang tidaklah mudah. Tapi Munger sebelumnya telah menguraikan sejumlah peraturan yang diikuti oleh dua eksekutif Berkshire Hathaway ketika memilih apakah akan berinvestasi dalam bisnis.

Selain aturan No. 1 Buffett, "jangan kehilangan uang", berikut adalah tiga pertanyaan yang diajukan Munger dan Buffett saat memutuskan apakah akan berinvestasi dalam bisnis atau tidak, seperti yang dilansir dari CNBC dan Nasdaq.com:

Baca Juga: Warren Buffett: Dalam Berinvestasi, Tidak Apa-Apa Tidak Melakukan Apa-Apa

1. Apakah Anda memahami bisnisnya?

Selain mengetahui bagaimana sebuah bisnis beroperasi dan apa yang ditawarkannya kepada konsumen, Anda juga menginginkan gagasan tentang di mana sebuah perusahaan akan tetap beroperasi dalam 10 tahun ke depan. 

“Jika Anda tidak ingin memiliki saham selama 10 tahun, jangan pernah berpikir untuk memilikinya selama 10 menit,” tulisnya dalam surat tahun 1996 kepada pemegang saham.

Berkshire Hathaway terkenal melewatkan perusahaan teknologi Google dan Amazon pada awal tahun 2000-an, karena Buffett tidak yakin dia memahami bisnis dalam hal profitabilitas jangka panjang mereka. Ini membuat lebih sulit untuk menentukan nilai saham mereka.

Sementara Berkshire mungkin telah melewati Google dan Amazon, investasi lain di perusahaan blue-chip seperti American Express dan Coca-Cola telah terbayar dari waktu ke waktu.

Pendekatan hati-hati ini mungkin berarti kehilangan lebih banyak peluang spekulatif, tetapi Buffett mengatakan bahwa dia dan Munger "melewatkan banyak hal, dan kami akan terus melakukannya".

Baca Juga: Pelajaran Terbesar Tentang Kebahagiaan Hidup Warren Buffett Ada di 4 Kata Ini




TERBARU

[X]
×