kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Sederet merek mewah ikut ramaikan perayaan tahun baru Imlek


Jumat, 01 Februari 2019 / 20:16 WIB
Sederet merek mewah ikut ramaikan perayaan tahun baru Imlek

Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Merek-merek mewah semakin aktif menyambut Tahun Baru Imlek. Meskipun tidak tersebar luas dan dirayakan oleh budaya barat, kenyataannya produk jenis ini menduduki peringkat cukup tinggi di pasar China. Melansir artikel Forbes (29/1) konsumen bahkan rela merogoh kocek sangat dalam untuk mendapatkan barang bermerek edisi khusus Imlek.

Menurut sebuah laporan oleh Bain & Company, negeri tirai bambu ini tercatat mewakili 32% dari konsumsi produk mewah. Memang, kelangsungan komersial kawasan ini, yang masih tumbuh dari tahun ke tahun, tidak bisa dianggap enteng. Inilah sebabnya mengapa perusahaan besar secara konsisten menawarkan koleksi produk yang menampilkan karakter sesuai dengan zodiak menurut kalender Tiongkok.


Pada tahun 2018, tahun anjing, label Prancis, Amerika dan Italia menampilkan zodiac anjing pada berbagai tas, perhiasan dan sweater. Tahun sebelumnya, ayam jantan adalah daya tarik zodiak. Hewan-hewan ini menarik lantaran memiliki kaitan erat dengan para konsumennya.

Di samping itu, ornamen semacam ini dapat dengan mudah ditampilkan pada aksesori atau pakaian dan meningkatkan penampilan secara keseluruhan, juga dari sisi pembelian.

Namun, para pemegang merek kelas atas ini nampaknya bakal kesulitan tahun ini yang memiliki shio atau simbol babi. Sebab, di China kata babi memiliki konotasi yang negatif. Alhasil, beberapa merek terbesar pun sedikit kesulitan mengolah produk, dikarenakan reputasi babi yang kurang baik.

Tak kehabisan akal, merek mewah tersebut justru meningkatkan kualitas produknya dengan desain yang menggemaskan. Ada lima merek barang mewah yang memiliki tema khusus untuk menyambut hari Imlek.

Gucci misalnya yang menggali inspirasi dari The Walt Disney Company. Karakter judul dalam Three Little Pigs, film pendek animasi yang dirilis pada tahun 1933, dicetak dengan untuk sejumlah dompet, tas dan sweater. Memang, cetakan imut muncul sejalan dengan arah baru Gucci di bawah desainernya Alessandro Michele, yang mengubah perusahaan yang dulu sangat seksi menjadi perusahaan yang mengagungkan keanehan. Seperti kartun Disney pada six-figure pullover dengan strip bertema balap.

Moschino juga mencari karakter animasi untuk Tahun Baru Cina. Maskotnya kali ini adalah Porky Pig dari Warner Brothers. Moschino menilai Porky Pig adalah babi yang paling dicintai di dunia kartun, dan Petunia Pig, pacarnya, berpose di koleksi mereka seperti ransel, hoodies, dan jaket denim.

Di sisi berlawanan ada juga Vacheron Constantin. Perusahaan arloji yang bermarkas di Swiss ini merayakan gaya klasik, sentuhan akhir yang bagus, dan penguasaan teknis atribut yang menggambarkan penawarannya untuk Tahun Baru Imlek.

Untuk jam tahun Babi-nya, yang merupakan bagian dari koleksi Legenda Chinese Zodiac Métiers, merek ini menggunakan enameling, pengaturan permata, dan aspek artistik lain dari pembuatan jam. Render babi pada dial merupakan sketsa yang detail dengan paduan emas merah muda atau platinum.

Roberto Coin, perusahaan perhiasan ini juga tak kalah ketinggalan. Hampir seluruh binatang di seri produk Animalier milik Roberto Coin disuguhkan. Dan yang paling menggemaskan di tempat koleksi perhiasan adalah cincin Piglet. Dibuat dengan emas 18 karat dan safir merah muda.

Louis Vuitton ikut beradu kuat dari segi kualitas produk. Perusahaan mewah Prancis ini memiliki koleksi aksesoris, termasuk syal merah muda dengan gambar anak babi dipadu motif abstrak.




TERBARU

Close [X]
×