kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sedihnya, 10,5 Juta Anak di Dunia Menjadi Yatim Piatu Gara-gara COVID-19


Kamis, 08 September 2022 / 05:39 WIB
Sedihnya, 10,5 Juta Anak di Dunia Menjadi Yatim Piatu Gara-gara COVID-19
ILUSTRASI. Di seluruh dunia, diperkirakan 10,5 juta anak menjadi yatim piatu atau kehilangan pengasuh utama karena COVID-19. REUTERS/Marco Bello


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Di seluruh dunia, diperkirakan 10,5 juta anak menjadi yatim piatu atau kehilangan pengasuh utama karena COVID-19. Data ini dirilis oleh JAMA Pediatrics. 

Melansir USA Today, JAMA Pediatrics memeriksa data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tentang kematian berlebih pada Mei 2022. Hasil riset tersebut menemukan bahwa mayoritas dari anak-anak tersebut – 7,5 juta – menjadi yatim piatu. Sementara 3 juta anak lainnya kehilangan pengasuh utama.

Penulis studi mendesak pejabat kesehatan masyarakat untuk mengatasi dampak kesedihan yang bertahan lama pada anak-anak yang kehilangan pengasuh karena virus, selain vaksin dan pencegahan.

"Tindakan kepedulian yang efektif untuk melindungi anak-anak dari bahaya langsung dan jangka panjang dari COVID-19 adalah investasi di masa depan dan keharusan kesehatan masyarakat," jelas JAMA Pedriatics.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, anak-anak yatim piatu atau kehilangan pengasuh menghadapi kemungkinan peningkatan kemiskinan, pelecehan dan tantangan kesehatan mental, di antara hambatan lain.

Baca Juga: Data Corona Indonesia, 7 September: Tambah 3.513 Kasus Baru, Ada 38.119 Kasus Aktif

"COVID bukan hanya penyakit individu, itu benar-benar penyakit keluarga," kata Terri Powell, seorang profesor kesehatan Amerika di Universitas Johns Hopkins yang tidak terlibat dalam penelitian ini. 

"Mereka bukan hanya orang yang meninggal, tetapi orang tua dan pengasuh — bagaimana kita memastikan bahwa masih ada jaring pengaman untuk anak-anak yang merupakan anak mereka yang masih hidup?" tambahnya.

Hasil studi yang sama juga menunjukkan, lebih banyak anak yang mengalami kehilangan pengasuh di Afrika dan Asia Tenggara dibandingkan dengan Eropa dan Amerika Utara dan Selatan. 

Studi ini tidak merinci total untuk masing-masing negara, tetapi mencatat anak-anak yang paling terpengaruh adalah India, Indonesia, Mesir, Nigeria dan Pakistan.

Mengutip Washington Post, anak-anak di negara-negara dengan tingkat vaksinasi yang lebih rendah dan tingkat kesuburan yang lebih tinggi lebih mungkin terpengaruh, menurut analisis pemodelan, yang didasarkan pada kematian yang melebihi apa yang biasanya diharapkan dalam setahun. 

Penulis utama Susan Hillis, mantan ahli epidemiologi CDC yang sekarang berada di Universitas Oxford, menyebut temuan itu "menyedihkan" dan mendesak para pemimpin dunia untuk memprioritaskan anak-anak yatim piatu dengan memberikan dukungan ekonomi, pendidikan, dan kesehatan mental.

Baca Juga: Data Corona Indonesia, 6 September: Tambah 3.607 Kasus Baru, Ada 38.132 Kasus Aktif

“Ketika Anda memiliki kematian sebesar ini, tentu tanpa bantuan Anda dapat melemahkan tatanan masyarakat di masa depan jika Anda tidak merawat anak-anak hari ini,” kata Hillis.

Dalam surat mereka, dia dan rekan penulisnya menulis bahwa “sementara miliaran dolar diinvestasikan untuk mencegah kematian terkait COVID-19, hanya sedikit yang dilakukan untuk merawat anak-anak yang ditinggalkan.”

Melansir USA Today, pada musim gugur 2021, sebuah studi American Academy of Pediatrics memperkirakan setidaknya 140.000 anak di seluruh AS telah kehilangan pengasuh utama atau sekunder karena COVID-19. Jumlah itu telah meningkat menjadi setidaknya 209.000 anak, menurut kalkulator dari Imperial College London.

Studi AAP juga menemukan perbedaan ras yang signifikan di antara anak-anak yang terkena dampak, dengan anak-anak kulit berwarna menyumbang 65% dari anak-anak yatim piatu akibat COVID-19 hingga Juni 2021.

Powell mengatakan kepada USA Today, mengakui perbedaan ini adalah kunci dalam mengatasi krisis kesehatan di masa depan, tetapi juga untuk memberikan perawatan kepada anak-anak yang terkena dampak COVID-19 yang diinformasikan trauma dan relevan secara budaya karena kesedihan itu unik secara individual.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×