kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   4.000   0,28%
  • USD/IDR 15.405   0,00   0,00%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

Sejarah Tupperware, Merek Wadah Makanan dari AS yang Terkenal Anti Bocor


Rabu, 12 April 2023 / 10:07 WIB
Sejarah Tupperware, Merek Wadah Makanan dari AS yang Terkenal Anti Bocor
ILUSTRASI. Tupperware adalah merek wadah makanan terkenal yang berasal dari negara Amerika Serikat.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Tupperware adalah merek wadah makanan terkenal di dunia. Merek ini sudah jadi merek generik, karena orang biasa menyebut kotak makanan sebagai "tupperware", apapun merek aslinya. Tupperware berasal dari negara Amerika Serikat. 

Dikutip dari Kontan.co.id (12/4/2023), Tupperware terkenal karena harganya relatif mahal dan dijual direct selling. Katalognya tersebar di komunitas RT, arisan, kantor-kantor, dan sebagainya. 

Tupperware menjadi merek kesayangan ibu-ibu. Pada masanya, Tupperware dibanderol mahal, karena inovasi tutup wadah yang anti bocor, spesifikasi food grade untuk bahan plastiknya, serta garansi seumur hidup. 

Baca Juga: Anti Bocor

Hal ini membuat banyak orang lebih suka menyimpan wadah Tupperware, ketimbang memakainya. Namun, pekan ini terdapat pemberitaan bahwa produk Tupperware tengah mengalami kesulitan bisnis serius. 

Kesulitan ini sudah dialami dalam beberapa tahun terakhir ini. Harga saham Tupperware sudah turun 90% selama setahun terakhir, menurut catatan Daily Mail

Lantas, seperti apa sejarah Tupperware? 

Baca Juga: Kini, Tupperware Tengah Menghadapi Kesulitan Bisnis

Sejarah Tupperware dan inovasi tutup anti bocor

Sejarah Tupperware dimulai oleh pebisnis asal Amerika Serikat bernama Earl Silas Tupper.Sejarah Tupperware dimulai oleh pebisnis asal Amerika Serikat bernama Earl Silas Tupper.

Dirangkum dari laman resmi Tupperware, sejak usia 21 tahun Tupper telah bergabung dengan perusahaan yang berbasis inovasi dan riset. 

Baca Juga: Tupperware Terancam Bangkrut, Apa yang Terjadi?

Melalui berbagai riset yang dilakukan, Tupper berhasil menemukan metode untuk memurnikan ampas biji hitam polyethylene (bahan dasar pembuat plastik) menjadi plastik yang fleksibel, kuat, tidak berminyak, bening, aman, ringan dan tidak berbau. 

Sementara, tutup Tupperware yang ikonik dan menjamin wadah kedap udara yang anti bocor terinspirasi dari tutup kaleng cat.

Pada 1938, Tupper mendirikan usaha plastik miliknya sendiri, Earl S Tupper Company dan mematenkan produknya dengan nama Poly-T. 

Baca Juga: Katalog Promo Tupperware Maret 2023, Diskon 40% & 50% untuk Perabotan Minum

Pada 1946, Tupper turut memeriahkan pasar Amerika yang kembali bergairah pasca-Perang Dunia II, dengan meluncurkan produk pertamanya, yaitu wadah penyimpan makanan Wonderlier Bowl dan Bell Tumbler dengan merek Tupperware.

Meskipun memiliki teknologi penyimpanan makanan yang baik pada zamannya, namun belum banyak orang yang tahu tentang Tupperware. 

Konsumen tidak memahami desain tutupnya yang membuat makanan tahan lama, sehingga tidak ada yang membeli Tupperware di toko dengan penjualan konvensional. 

Baca Juga: Ada Diskon 15% Produk Penyimpan Snack di Katalog Promo Tupperware Maret 2023

Pemasaran Tupperware dengan Tupperware Home Party

Tupperware Home Party yang dikenal sebagai Tupperware Party adalah cara penjualan yang unik, informatif dan menghibur.

Tupperware Home Party yang dikenal sebagai Tupperware Party adalah cara penjualan yang unik, informatif dan menghibur. Cara ini pertama kali diperkenalkan oleh Brownie Wise, wakil direktur pemasaran Tupperware.  

Brownie Wise datang ke Tupper dengan ide mengadakan acara di mana orang bisa menunjukkan kepada teman mereka mengenai keunggulan Tupperware. 

Pada 1951, konsep tersebut sangat sukses sehingga Tupper memutuskan menarik produk dari toko dan menjual secara eksklusif melalui Tupperware Home Party. 

Baca Juga: Katalog Promo Tupperware Maret 2023, Produk Bekal Jalan-Jalan Diskon Besar-Besaran

Tupperware menempatkan perempuan sebagai pusat penjualan dari rumah ke rumah. Berkatnya sangat membantu banyak perempuan, khususnya pada perang dunia ke II, untuk memiliki penghasilan sendiri. 

Nah, hingga kini Tupperware juga banyak dijual melalui direct selling dengan agen-agen Tupperware yang menjual produknya menggunakan katalog. 

Tapi, makin hari, kian banyak produsen bisa membuat wadah anti bocor dengan harga lebih murah yang mudah dijangkau pasar. 

Baca Juga: Mudik Lebih Cepat, Siapkan Pembawa Bekal Dari Katalog Promo Tupperware Maret 2023

Penjualan Tupperware pun terus mengalami penurunan. Tahun lalu, Tupperware mencatat penjualan US$ 1,3 miliar. Turun 18% dibandingkan tahun sebelumnya. 

Tahun 2022 lalu, Tupperware memutuskan untuk membuka kanal penjualan di Amazon dan jaringan retail.

Kini, produk Tupperware juga mulai banyak ditemukan di berbagai marketplace. Tujuannya adalah untuk memperbaiki penjualan dan masuk ke pasar orang-orang muda. 

Demikian penjelasan mengenai Tupperware dan sejarah Tupperware yang berasal dari negara Amerika Serikat. 


Berita Terkait



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×