Reporter: Asnil Bambani Amri, Bloomberg | Editor: Asnil Amri
HONG KONG. Nissan Motor Co, produsen mobil terbesar kedua di Jepang berencana memperluas pasar mobil low-end merek Datsun ke Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin.
Hal ini disampaikan langsung oleh Carlos Ghosn, Chief Executive Officer (CEO) Nissan Motor Co dalam wawancara di televisi Bloomberg di Hong Kong hari ini (22/5).
Sebelumnya, Ghosn pernah bilang, Datsun akan memasarkan mobil Datsun di Indonesia, India dan Rusia, mulai tahun 2014 mendatang.
"Kami melangkah selangkah demi selangkah,” kata Ghosn. Ia menyatakan, Nissan akan memasarkan produk Nissan Motor Co tersebut dengan harga yang terjangkau alias murah.
Datsun ini merupakan merek lawas milik Nissan. Merek ini sempat tenggelam selama tiga dekade dan kembali dibangkitkan oleh Ghosn. Merek ini akan menyasar pasar negara berkembang.
Rencana Nissan memproduksi Datsun dilakukan untuk meningkatkan penjualan kendaraan mereka secara global naik jadi 8% pada Maret 2017. Nissan mengatakan, mereka berharap, Datsun akan menjadi merek ketiga milik perusahaan mereka yang dikenal di pasar global.