kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,13   6,67   0.72%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selama pandemi Covid-19, kapitalisasi pasar Moderna terus bertumbuh


Kamis, 04 November 2021 / 16:40 WIB
Selama pandemi Covid-19, kapitalisasi pasar Moderna terus bertumbuh
ILUSTRASI. Moderna. REUTERS/Brian Snyder


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Selama pandemi, valuasi Moderna lebih tinggi daripada produsen obat lain di dunia. Dilansir dari Nikkei Asia (4/11), menurut peringkat yang disusun oleh QUICK-FactSet, nilai pasar Moderna meningkat lebih dari US$ 130 miliar antara akhir September dan Kamis (3/11), mencapai hampir US$ 140 miliar.

Keuntungannya terutama didorong oleh keberhasilan vaksin virus corona mRNA-nya, melampaui raksasa farmasi yang telah ada selama satu abad atau lebih. Selama periode yang sama, nilai pasar Eli Lilly, yang berada di peringkat kedua, meningkat sekitar US$ 120 miliar, sementara Roche di peringkat keempat dengan peningkatan sekitar US$ 75 miliar.

Moderna didirikan pada tahun 2010 oleh para profesor MIT, peneliti dan investor dari Harvard Medical School, tidak jauh dari asal startup nya. Perusahaan menerima banyak dana dari Defense Advanced Research Projects Agency dan pendukung lainnya bahkan sebelum go public, dan mengumpulkan lebih dari US$ 600 juta melalui penawaran umum perdana pada Desember 2018.

Keberhasilan perusahaan sebagian besar disebabkan oleh strategi investasinya yang agresif, meskipun mengalami kerugian dalam jangka pendek, namun tetap menginvestasikan dananya di area yang menjanjikan. Pada tahun 2020, US$ 1,3 miliar diinvestasikan dalam penelitian dan pengembangan, dengan pendapatan sekitar US$ 800 juta dan kerugian bersih US$ 700 juta.

Namun dari Januari hingga Juni tahun ini, setelah vaksin Moderna mulai memberikan kontribusi signifikan terhadap pendapatannya, labanya sekitar US$ 4 miliar. Sekarang memanfaatkan keuntungannya dari pandemi untuk menerapkan teknologinya pada kanker dan perawatan lainnya.

Baca Juga: 7 Vaksin COVID-19 yang kantongi izin darurat dari WHO, terbaru Covaxin

BioNTech, yang menempati peringkat ketujuh dalam peningkatan valuasi, juga berfokus pada teknologi mRNA. Perusahaan Jerman ini didirikan pada tahun 2008 dan bekerja sama dengan Pfizer untuk membawa vaksin virus corona ke pasar dalam waktu 11 bulan melalui proyek Speed of Light, yang diprakarsai oleh CEO Ugur Sahin sendiri.

Raksasa farmasi memiliki dana perang yang tidak seberapa dibandingkan dengan pesaing baru yang lebih kecil. Pfizer, yang berada di peringkat ke-14, menghabiskan sebesar US$ 9,4 miliar pada tahun 2020 untuk penelitian dan pengembangan.

"Tetapi sulit bagi mereka untuk memusatkan sumber daya di area tertentu, yang akan menyebabkan penolakan dari investor yang mencari keseimbangan dan pertumbuhan yang stabil," kata Shinya Tsuzuki, analis senior di Mizuho Securities.

"Banyak orang malah memilih untuk bekerja dengan pemain baru untuk mengembangkan teknologi mutakhir yang berisiko," tambahnya.

Tren ini menjadi lebih jelas selama pandemi virus corona, yang memberi tekanan tambahan pada perusahaan untuk segera mengembangkan perawatan baru dengan cepat. Terapi antibodi intravena Eli Lilly didasarkan pada teknologi Bioteknologi Shanghai Junshi. Roche bersama-sama mengembangkan obat antivirus oral dengan Atea Pharmaceuticals yang berbasis di AS. Baik Junshi dan Atea didirikan pada tahun 2012.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×