kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45825,81   2,76   0.34%
  • EMAS948.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.61%
  • RD.CAMPURAN -0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Selamat! Ilmuwan medis Israel temukan obat Covid-19 yang efektif


Sabtu, 13 Februari 2021 / 11:04 WIB
Selamat! Ilmuwan medis Israel temukan obat Covid-19 yang efektif
ILUSTRASI. Ilmuwan Israel menemukan obat Covid-19 baru yang diklaim sangat efektif dalam membasmi virus SARS-COV-2 yang menular.

Sumber: Times of India | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - TEL AVIV. Saat dorongan untuk melakukan vaksinasi meningkat, muncul harapan baru untuk memerangi Covid-19. Yakni, ditemukannya obat Covid-19 baru yang diklaim sangat efektif dalam membasmi virus SARS-COV-2 yang menular.

Melansir Times of India, dikembangkan oleh ilmuwan medis Israel, hasil awal dari salah satu uji coba yang dilakukan di rumah sakit Tel Aviv telah menunjukkan bukti mengejutkan yang menunjukkan bahwa obat tersebut dapat membantu 29 dari 30 pasien Covid-19 untuk pulih jauh lebih cepat. Awalnya, obat itu diciptakan untuk mengobati kanker. 

Menurut para ilmuwan, saat ini rata-rata pasien Covid-19 sembuh dalam tiga-empat minggu. Nah, dengan obat kanker yang digunakan, membantu pasien dalam kelompok sampel untuk sembuh total dari virus hanya dalam waktu 4 hari. Hanya satu pasien yang membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih.

Obat eksperimental itu diciptakan kurang dari setahun yang lalu, dan didorong ke dalam penelitian dan pengujian.

Baca Juga: Waspada, 4 kondisi ini bisa semakin memparah Covid-19

Times of India memberitakan, salah satu ilmuwan utama yang terlibat dalam penelitian tersebut, Profesor Arber mengatakan bahwa penemuan obat baru semacam itu dapat menurunkan beban komunitas medis, dengan atau tanpa pandemi hilang.

"Bahkan jika vaksin melakukan tugasnya dengan baik, dan bahkan jika tidak ada mutasi baru, dengan satu atau lain cara, virus corona akan tetap bersama kita. Itulah mengapa kami mengembangkan obat khusus ini: EXO-CD24. Ini belum pernah terjadi sebelumnya," papar Arber.

Baca Juga: Catat, Covid-19 bisa semakin parah karena 4 kondisi ini

Bagaimana obat itu bekerja melawan COVID-19? Menurut para peneliti, obat yang disebut EXO-CD24 memiliki kemanjuran 96%, sebagaimana dibuktikan oleh studi awal.

Hingga saat ini, belum ada obat penawar virus corona yang berhasil dibuat secara global. 




TERBARU

[X]
×