kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Seluruh penerbangan yang melalui Gunungapi Taal dibatalkan


Senin, 13 Januari 2020 / 15:59 WIB
Seluruh penerbangan yang melalui Gunungapi Taal dibatalkan
ILUSTRASI. Warga melihat letusan Gunung Berapi Taal di Tagaytay City, Filipina, 13 Januari 2020.


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gunungapi Taal meletus dan mengeluarkan material vulkanik berupa uap, abu dan batuan kecil setinggi hingga 1 kilometer di Batangas, Filipina, Minggu (12/1). 

Otoritas setempat telah mengeluarkan peringatan dini agar warga dan turis segera mengevakuasi diri dari tiga wilayah yang paling dekat dengan kawah yakni, Tagaytay, Batangas dan Cavite.

Baca Juga: Gunung berapi semakin bergemuruh, ibu kota Filipina lumpuh

Menurut rilis BNPB, seluruh penerbangan yang melalui Gunungapi Taal dibatalkan karena muntahan abu vulkanik dapat membahayakan pesawat. Otoritas bandara Internasional Ninoy Aquino di Manila memberitahukan kepada maskapai agar membatalkan penerbangan demi alasan keamanan dan keselamatan.

Oleh sebab itu, para calon penumpang pesawat diminta agar menghubungi pihak maskapai untuk koordinasi lebih lanjut hingga himbauan larangan penerbangan dicabut.

Sebagai informasi, Taal adalah gunung berapi paling aktif kedua di Filipina dengan 34 letusan yang tercatat dan terakhir terjadi pada tahun 1977 dan tidak menyebabkan korban atau kerusakan.

Baca Juga: Gunung meletus bikin panik, bursa Filipina tak beroperasi

Adapun dua dari letusan paling merusak dari erupsi Taal terjadi pada tahun 1911, menewaskan 1.335 orang, dan pada tahun 1965, menewaskan sekitar 200 di desa-desa terdekat.

Gunungapi Taal termasuk dalam jenis stratovolcano dan menjadi salah satu gunungapi terkecil di dunia. 

Gunungapi yang menjadi latar belakang video klip Katty Pery dalam lagunya berjudul "Roar" itu merupakan salah satu dari sekitar dua lusin gunung berapi aktif di Filipina, yang terletak di "Cincin Api," sebuah wilayah seismik aktif di bumi yang rentan terhadap gempa bumi dan letusan gunung berapi.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×