kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Senator AS mendesak administrasi Trump untuk menghentikan persetujuan lisensi Huawei


Jumat, 22 November 2019 / 05:30 WIB
Senator AS mendesak administrasi Trump untuk menghentikan persetujuan lisensi Huawei

Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Sebuah kelompok bipartisan yang terdiri dari 15 senator Amerika Serikat mendesak Departemen Perdagangan untuk menangguhkan penerbitan izin kepada perusahaan-perusahaan AS yang berbisnis dengan Huawei Technologies Co China dengan alasan dapat mengancam keamanan AS.

Mengutip Reuters, dalam sepucuk surat yang dilayangkan kepada Presiden AS Donald Trump pada Kamis (21/11), para senator mengatakan pemerintah harus menghentikan penerbitan izin sampai pemerintah memberikan laporan kepada Kongres yang menguraikan kriteria spesifik untuk menentukan apakah persetujuan lisensi apapun merupakan ancaman keamanan nasional atau tidak.

Administrasi Trump pada Rabu (20/11) mengatakan telah mulai menerbitkan lisensi yang memungkinkan beberapa pemasok untuk memulai kembali penjualan ke Huawei setelah masuk dalam daftar hitam karena masalah keamanan nasional enam bulan yang lalu.

Baca Juga: Trump mempertimbangkan pembebasan tarif impor bagi Apple

Seorang pejabat AS mengatakan bahwa dari sekitar 300 permohonan lisensi, sekitar setengahnya tengah diproses, dimana setengahnya atau seperempatnya disetujui, dan seperempat lainnya telah menerima pemberitahuan tentang rencana penolakan.

Surat yang ditandatangani oleh Pemimpin Demokrat di Senat Chuck Schumer dan Senator Republik Tom Cotton dan diberikan kepada Reuters, menuntut para pemimpin kongres untuk diberi tahu sebelum penerbitan lisensi apapun kepada perusahaan-perusahaan AS untuk menjual komponen ke Huawei dan afiliasinya.

Surat ini juga ditandatangani oleh Partai Republik Ben Sasse, John Coryn, Josh Hawley dan Rick Scott dan dari Partai Demokrat Elizabeth Warren, Richard Blumenthal, Roy Wyden dan Cory Booker.




TERBARU

Close [X]
×