kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Senator AS usulkan kredit pajak sebesar 25% untuk sektor manufaktur semikonduktor


Jumat, 18 Juni 2021 / 10:00 WIB
Senator AS usulkan kredit pajak sebesar 25% untuk sektor manufaktur semikonduktor


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Krisis produksi chip atau semikonduktor memang tengah dialami oleh Amerika Serikat. Untuk meningkatkan produksi tersebut, kelompok bipartisan senator AS mengusulkan adanya kredit pajak untuk investasi pada manufaktur semikonduktor sebesar 25%.

Mengutip Reuters, insentif tersebut dinilai merupakan yang paling masuk akal untuk menargetkan pertumbuhan manufaktur semikonduktor secara domestik. Hanya saja, kelompok tersebut belum menghitung perkiraan biaya yang dibutuhkan dalam insentif tersebut.

Asal tahu saja, pemerintah AS sedang mencegah perusahaan pembuat semikonduktor untuk memindahkan manufaktur perusahaan di luar negeri. Ketua Komite Keuangan Senat AS Ron Wyden mengatakan bahwa hal tersebut dapat menimbulkan risiko keuangan bagi pemerintah.

Baca Juga: Wow! Ilmuwan berhasil menghidupkan hewan yang dibekukan 30 tahun lalu

"Amerika Serikat tidak dapat membiarkan pemerintah asing terus memikat manufaktur perusahaan di luar negeri, meningkatkan risiko terhadap ekonomi kita dan merugikan pekerja Amerika dengan gaji yang bagus," kata Wyden.

Para senator itu juga mengatakan ada perbedaan biaya hingga 70% untuk memproduksi semikonduktor di luar negeri yang berasal dari subsidi asing.

Banyak upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk tetap meningkatkan produksi semikonduktor domestik. Pekan lalu, senat juga telah menyetujui insentif sebesar US$ 52 miliar untuk produksi dan penelitian semikonduktor dan peralatan telekomunikasi. Itu termasuk US$ 2 miliar yang didedikasikan untuk chip yang digunakan oleh pembuat mobil, yang telah mengalami kekurangan besar dan membuat pengurangan produksi mobil yang signifikan. 

Kredit pajak yang diuslukan ini dapat menguntungkan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) yang membangun pabrik semikonduktor senilai US$ 12 miliar di Arizona, dan pembuat chip Belanda NXP Semiconductors NV (NXPI.O) serta perusahaan AS seperti Intel Corp (INTC.O) dan Micron Technology Inc (MU.O).

Baca Juga: China sukses luncurkan tiga astronot menuju stasiun luar angkasa yang baru

Asosiasi Industri Semikonduktor juga memuji usulan tersebut dan mengatakan akan memperkuat produksi dan penelitian chip domestik. “Ini sangat penting untuk penciptaan lapangan kerja AS, pertahanan nasional, infrastruktur, dan rantai pasokan semikonduktor," ujar asosiasi.

Selanjutnya: Kebanyakan usia muda terpapar, varian Delta dorong lonjakan 50% kasus di Inggris




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×