kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Senjata Nuklir Rusia di Belarusia akan Ditempatkan di Sayap Timur NATO


Senin, 03 April 2023 / 12:54 WIB
Senjata Nuklir Rusia di Belarusia akan Ditempatkan di Sayap Timur NATO
ILUSTRASI. Senjata Nuklir Rusia di Belarusia akan Ditempatkan di Sayap Timur NATO


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - MINSK. Perwakilan Rusia di Minsk pada hari Minggu (2/4) memastikan bahwa mereka akan segera memindahkan senjata nuklir taktis ke wilayah barat Belarusia yang berbatasan langsung dengan anggota NATO.

"Senjata akan dipindahkan ke perbatasan barat negara serikat kita dan akan meningkatkan kemungkinan untuk memastikan keamanan," kata Duta Besar Rusia untuk Belarusia, Boris Gryzlov, seperti dikutip Reuters.

Rusia dan Belarusia memang secara resmi merupakan bagian dari negara serikat dan telah melakukan pembicaraan selama bertahun-tahun untuk berintegrasi lebih jauh.

Proses penguatan hubungan dipercepat setelah Minsk mengizinkan Moskow menggunakan wilayah Belarusia untuk mengirim pasukan ke Ukraina tahun lalu.

Baca Juga: Belarusia Bakal Menjadi Tuan Rumah Senjata Nuklir Rusia untuk Melawan NATO

Gryzlov tidak merinci di mana senjata akan ditempatkan, tetapi menegaskan bahwa fasilitas penyimpanan akan selesai pada 1 Juli, sesuai dengan arahan Presiden Vladimir Putin.

"Ini akan dilakukan meskipun ada kebisingan (kecaman) di Eropa dan Amerika Serikat," lanjut Gryzlov.

Belarusia berbatasan di utara dengan Lituania dan Latvia dan di barat dengan Polandia, semuanya merupakan bagian dari sayap timur NATO. Ketiga negara itu juga telah mendapat dukungan militer tambahan sejak invasi Rusia ke Ukraina dimulai tahun lalu.

Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko, pekan lalu mengatakan bahwa negaranya juga akan mengizinkan Rusia untuk menempatkan rudal nuklir antarbenua di sana juga jika diperlukan.

Ini merupakan pergerakan nuklir Rusia yang paling signifikan sejak invasinya ke Ukraina dimulai. Putin telah memastikan langkah ini sejak 26 Maret lalu.

Baca Juga: AS: Tidak Ada Tanda Bahwa Senjata Nuklir Rusia Telah Dipindahkan ke Belarusia




TERBARU

[X]
×