kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Seruan lockdown muncul di Italia ketika jumlah kematian akibat Covid-19 meningkat


Rabu, 16 Desember 2020 / 16:04 WIB
Seruan lockdown muncul di Italia ketika jumlah kematian akibat Covid-19 meningkat
ILUSTRASI. Corona di Italia. REUTERS/Guglielmo Mangiapane


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - ROMA. Seorang penasihat kementerian kesehatan Italia telah menyerukan agar pembatasan virus corona diperketat secara drastis untuk menghindari "tragedi nasional" setelah biro statistik nasional ISTAT mengatakan kematian tahun ini akan menjadi yang tertinggi sejak Perang Dunia Kedua.

"Kami berada dalam situasi perang, orang-orang tidak menyadarinya, tetapi terakhir kali kami mengalami kematian sebanyak ini, bom dijatuhkan di kota-kota kami selama perang," kata profesor kesehatan masyarakat Walter Ricciardi kepada saluran televisi LA7 pada Selasa malam.

Ricciardi, Penasihat Menteri Kesehatan Roberto Speranza, mengatakan pemerintah yang sedang mempertimbangkan pengetatan pembatasan liburan Natal dan Tahun Baru, harus mengunci kota-kota utama sepenuhnya.

Dalam wawancara dengan harian La Stampa Rabu, dia mengatakan Roma "selalu terlambat" dalam menanggapi gelombang kedua virus musim gugur. Italia melaporkan 846 kematian COVID-19 pada hari Selasa, menjadikan total resmi menjadi 65.857, tertinggi kelima di dunia.

Baca Juga: Harga minyak tergelincir penguncian yang ketat di Eropa dan proyeksi lemah dari OPEC

Seperti di banyak negara lain, jumlah itu secara luas dianggap remeh karena banyak orang yang meninggal karena COVID-19 selama gelombang pertama tidak pernah dites virusnya.

Kepala ISTAT Gian Carlo Blangiardo mengatakan pada hari Selasa bahwa jumlah keseluruhan kematian di Italia tahun ini akan melebihi 700.000, dibandingkan 647.000 pada 2019. "Terakhir kali hal seperti ini terjadi adalah pada tahun 1944 ketika kita berada di puncak Perang Dunia Kedua," katanya kepada televisi pemerintah RAI.

Perdana Menteri Giuseppe Conte pada hari Selasa mendesak orang Italia untuk menghindari pertemuan "tidak bertanggung jawab" selama liburan dan mengatakan pemerintah mungkin membuat beberapa "penyesuaian kecil" pada pembatasan saat ini.

Tetapi Ricciardi memberi tahu La Stampa bahwa ini tidak cukup: “Belanda telah mengunci dengan setengah dari kematian kami, Jerman telah mengunci dengan sepertiga dari mereka - saya tidak mengerti keraguan ini. Jika kami tidak mengambil tindakan yang memadai, kami menuju tragedi nasional. "

Selanjutnya: 10 Negara dengan kasus virus corona tertinggi di dunia, saat infeksi tembus 70 juta




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×