kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 -1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Setelah dicopot, Raja Thailand angkat lagi Sineenat sebagai Selir Kerajaan


Rabu, 02 September 2020 / 20:48 WIB
Setelah dicopot, Raja Thailand angkat lagi Sineenat sebagai Selir Kerajaan


Sumber: Channel News Asia | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - BANGKOK. Raja Thailand Maha Vajiralongkorn mengangkat kembali Sineenat Wongvajirapakdi yang berusia 35 tahun sebagai Selir Kerajaan pada 28 Agustus lalu.

"Karena Ibu Sineenat Wongvajirapakdi sempurna, Komando Kerajaan memberikan kepada Ibu Sineenat Wongvajirapakdi  gelar Selir Kerajaan Sineenat Bilaskalayani, bersama dengan pangkat di Kantor Kerajaan dan militer, dan menerima gelar kerajaan dari semua kelas," kata Istana Kerajaan Thailand dalam Royal Gazette tertanggal 29 Agustus seperti dikutip Channel News Asia.

Menurut pengumuman tersebut, dengan pemberian gelar tersebut, maka Sineenat Wongvajirapakdi sebelumnya tidak pernah dilucuti dari gelar bangsawan, pangkat militer, maupun gelar kerajaan.

Baca Juga: Penuh kontroversi, Raja Thailand isolasi diri di hotel Jerman dengan 20 harem

Pengangkatan itu terjadi setelah Raja Vajiralongkorn mencopot semua gelar bangsawan, pangkat militer, maupun gelar kerajaan Sineenat Wongvajirapakdi pada Oktober tahun lalu. Sebab, Raja menilai, Sineenat "tidak tahu berterima kasih" dan berperilaku "dengan cara yang tidak pantas atas gelarnya".

Pencopotan tersebut terjadi kurang dari tiga bulan setelah Raja Vajiralongkorn memberi Sineenat gelar Chao Khun Phra alias Selir Kerajaan. Pengangkatan ini yang pertama dalam hampir satu abad.

Menurut pernyataan Istana Kerajaan Thailand pada 21 Oktober 2019 lalu, Sineenat telah menunjukkan keberatannya dan menekan pelantikan Ratu Suthida. Dia ingin dinobatkan sebagai ratu.

Baca Juga: Ini alasan Raja Thailand mencabut gelar dan pangkat militer sang selir Sineenat

"Dia juga tidak puas dengan gelar yang dianugerahkan kepadanya, melakukan segalanya untuk naik ke tingkat ratu. Dia kurang memahami tradisi baik istana. Dia menunjukkan ketidaktaatan terhadap raja dan ratu," sebut Istana Kerajaan Thailand.

Sineenat lahir di Provinsi Nan pada 26 Jan 1985. Dia lulus dari Royal Thai Army Nursing College kemudian dilatih sebagai pilot di Thailand dan luar negeri. Ia mengabdi di unit penjaga raja sebagai jenderal bintang dua.

Sineenat yang berpangkat mayor jenderal dianugerahi gelar Chao Khun Phra pada akhir Juli 2019, bertepatan dengan ulang tahun Raja Vajiralongkorn ke-67.




TERBARU

[X]
×