kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Setelah tertunda, Tokyo pastikan Olimpiade 2021 bisa terlaksana dengan baik


Rabu, 26 Agustus 2020 / 15:55 WIB
Setelah tertunda, Tokyo pastikan Olimpiade 2021 bisa terlaksana dengan baik
ILUSTRASI. Gubernur Tokyo Yuriko Koike memastikan, Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo tahun depan bisa terlaksana dengan baik.


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Gubernur Tokyo Yuriko Koike pada Selasa (25/8) menyampaikan, situasi pandemi Covid-19 di Kota Tokyo mulai membaik. Tokyo pun semakin yakin menjadi tuan rumah Olimpiade 2021.

Tokyo awalnya menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade 2020. Sayangnya, pandemi Covid-19 memaksa gelaran olah raga terbesar di dunia tersebut harus diundur hingga tahun depan.

Belakangan, Koike mulai percaya diri, Tokyo siap melaksanakan Olimpiade menyusul kondisi wabah virus corona yang mulai membaik di Jepang, terutama di Tokyo.

"Saya pikir situasinya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Kami akan melakukan yang terbaik untuk mencegah infeksi virus corona juga untuk menyambut atlet dari seluruh dunia," ungkap Koike dalam wawancara dengan Reuters Television.

Baca Juga: Di tengah isu kesehatan, apa yang terjadi jika Shinzo Abe mengundurkan diri?

Bulan lalu, Koike mengatakan, keadaan darurat bisa berlaku di Tokyo jika penyebaran virus corona memburuk. Namun, data terbaru menunjukkan, kasus baru cenderung lebih rendah dalam seminggu terakhir. Pada Selasa (25/8), hanya tercatat 187 kasus baru di Tokyo.

Koike meyakinkan, saat ini Tokyo telah menerapkan banyak langkah konkret untuk mencegah penularan. Meskipun demikian, ia tidak memungkiri,  ketersediaan vaksin merupakan faktor terpenting untuk bisa menentukan kelangsungan Olimpiade 2021.

Gubernur Tokyo ini beberapa kali berselisih dengan Perdana Menteri Shinzo Abe tentang bagaimana menangani masalah wabah virus corona. Koike mendesak warga untuk membatasi aktivitas, sementara Abe justru mendorong kampenya wisata domestik dengan tujuan untuk menopang ekonomi regional.

Meskipun kerap berselisih paham, hubungan Koike dan Abe di luar urusan politik terlihat cukup baik. Baru-baru ini, Koike menyampaikan, Abe, yang diisukan mengalami masalah kesehatan, sedang ada dalam kondisi yang baik.

Baca Juga: Jepang menuai kritik karena lamban menangani kebocoran minyak di Mauritius

Koike juga memuji Abe atas upayanya dalam menjadikan Jepang sebagai tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade. "Saya pikir dialah (Abe) yang berhasil menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade 2020, atau 2021 nanti," ujar dia.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×