kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Shanghai Umumkan Langkah Pencabutan Penguncian, Beijing Longgarkan Pembatasan Covid


Minggu, 29 Mei 2022 / 12:03 WIB
Shanghai Umumkan Langkah Pencabutan Penguncian, Beijing Longgarkan Pembatasan Covid
ILUSTRASI. Seorang pria berjongkok di sebuah penghalang jalan di kawasan pusat perbelanjaan di Shanghai, China. REUTERS/Aly Song


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SHANGHAi. Shanghai mengumumkan langkah-langkah lebih lanjut untuk kembali ke kehidupan yang lebih normal dan mencabut penguncian Covid-19 selama dua bulan minggu ini, sementara Beijing membuka kembali sebagian transportasi umum, beberapa mal, pusat kebugaran, dan lainnya.

Mengutip Reuters, Minggu (29/5), pusat komersial China yang berpenduduk 25 juta itu pada dasarnya bertujuan untuk mengakhiri penguncian yang telah merusak ekonomi dan membuat banyak penduduk Shanghai kehilangan pendapatan, berjuang untuk mendapatkan makanan dan untuk mengatasi mental dengan isolasi yang berkepanjangan.

Pengekangan virus corona yang menyakitkan di kota-kota besar China bertentangan dengan tren yang terlihat di seluruh dunia, yang sebagian besar telah bergerak ke arah hidup berdampingan dengan virus bahkan ketika infeksi menyebar.

Shanghai, kota terpadat di China, akan memudahkan persyaratan pengujian mulai Rabu bagi orang-orang yang ingin memasuki area publik, kata juru bicara pemerintah kota Yin Xin, menambahkan penyesuaian ini harus mendorong dimulainya kembali pekerjaan.

"Situasi epidemi saat ini di kota terus stabil dan membaik," kata Yin.

Baca Juga: Shanghai Edges Towards COVID Reopening as Beijing Plans to Ease Curbs

Ia menambahkan strategi Shanghai sekarang "berporos menuju pencegahan dan pengendalian yang dinormalisasi."

Orang yang memasuki tempat umum atau naik angkutan umum harus menunjukkan tes PCR negatif yang diambil dalam waktu 72 jam, dibandingkan 48 jam sebelumnya.

Layanan bus di dalam Pudong New Area, rumah bagi bandara terbesar Shanghai dan distrik keuangan utama, akan dilanjutkan sepenuhnya pada Senin, kata para pejabat.

Plaza 66, mal kelas atas di pusat Shanghai yang menampung Louis Vuitton dan merek mewah lainnya, dibuka kembali pada hari Minggu.

Pihak berwenang perlahan-lahan melonggarkan pembatasan, dengan fokus pada melanjutkan manufaktur.

Lebih banyak orang telah diizinkan meninggalkan flat mereka, dan lebih banyak bisnis diizinkan untuk dibuka kembali, meskipun banyak penduduk tetap terkurung di kompleks perumahan mereka, dan sebagian besar toko terbatas pada pengiriman.

Pihak berwenang menyetujui 240 lembaga keuangan di kota untuk dibuka kembali mulai Rabu, Shanghai Securities News yang dikelola pemerintah melaporkan pada hari Minggu, menambah daftar 864 perusahaan yang dirilis awal bulan ini. Itu di luar sekitar 1.700 perusahaan keuangan Shanghai.

Surat kabar itu mengatakan pada hari Sabtu bahwa lebih dari 10.000 bankir dan pedagang yang telah tinggal dan bekerja di kantor mereka sejak dimulainya penguncian secara bertahap kembali ke rumah.

Baca Juga: Langkah China Keluar dari Pembatasan Covid-19 Tidak Merata, Beijing Masih Ketat

Shanghai telah mengizinkan produsen utama di industri otomotif, ilmu hayati, bahan kimia, dan semikonduktor untuk melanjutkan produksi sejak akhir April.




TERBARU

[X]
×