kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Siapa Taliban? Ini sejarah kelompok yang kini menguasai Afghanistan


Selasa, 17 Agustus 2021 / 12:06 WIB
Siapa Taliban? Ini sejarah kelompok yang kini menguasai Afghanistan
ILUSTRASI. Anggota Taliban berdiri di luar Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, 16 Agustus 2021. REUTERS/Stringer


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Taliban berhasil mengambil alih Istana Kepresidenan Afghanistan di Kabul. Kelompok Taliban menyatakan perang telah berakhir usai para pejuangnya mengambil alih Istana Kepresidenan.

Sementara itu, Presiden Afganistan, Ashraf Ghani, meninggalkan Kabul, ibu kota Afghanistan pada hari Minggu (15/08/2021) waktu setempat saat Taliban memasuki kota tersebut. 

Ratusan warga Afghanistan turut memenuhi bandara Kabul agar dapat meninggalkan negaranya. Selain itu, negara-negara Barat seperti Italia, Jerman, dan Prancis berupaya keras mengevakuasi para diplomat dan warganya dari Afghanistan.

Lantas, siapa Taliban?

Baca Juga: Rusia menyebut Kabul kini lebih aman di bawah kendali Taliban

Siapa Taliban? 

Taliban adalah faksi politik dan agama ultrakonservatif yang muncul di Afghanistan pada pertengahan 1990-an. Dirangkum dari laman Britannica, Taliban muncul seiring dengan penarikan pasukan Soviet dan runtuhnya rezim komunis Afghanistan serta kehancuran tatanan sipil di negara tersebut. 

Nama Taliban berasal dari bahasa Pashto yang artinya murid. Anggota kelompok Taliban memang sebagian besar terdiri dari siswa di madrasah yang didirikan untuk pengungsi Afghanistan pada 1980-an di Pakistan utara.

Taliban muncul pada 1994 sebagai kekuatan yang menginginkan ketertiban sosial di provinsi selatan Afghanistan, Kandahār. Pada akhir tahun 1996, kekuatan Taliban membesar karena dukungan dari kelompok etnis Pashtun di selatan Afghanistan serta bantuan dari unsur-unsur Islam konservatif di luar negeri. 

Hal itu memungkinkan Taliban untuk merebut ibu kota, Kabul, dan mendapatkan kontrol yang efektif atas negara tersebut. 

Perlawanan terhadap Taliban terus berlanjut, terutama di antara kelompok etnis non-Pashtun, yaitu Tajik, Uzbekistan, dan Hazara. Namun, pada 2001 Taliban menguasai semua wilayah kecuali sebagian kecil dari Afghanistan utara.

Baca Juga: Bandara Kabul Afganistan rusuh, ini yang terjadi




TERBARU

[X]
×