kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Situasi terkini Laut China Selatan: Militer China gelar latihan besar-besaran


Jumat, 06 Agustus 2021 / 08:20 WIB
Situasi terkini Laut China Selatan: Militer China gelar latihan besar-besaran
ILUSTRASI. Mulai Jumat (6/8/2021), China mengumumkan akan mengadakan latihan militer besar-besaran.


Sumber: Global Times | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Mulai Jumat (6/8/2021), China mengumumkan akan mengadakan latihan militer besar-besaran. Pengumuman ini dilakukan pada saat AS juga menggelar latihan militer skala besar yang menargetkan China, dan beberapa negara termasuk Inggris, Jerman dan India berencana untuk mengirim atau telah mengirimkan  kapal perang mereka ke Laut China Selatan. 

Melansir Global Times, hingga Selasa, sejumlah pengamat mengatakan China sudah menyiapkan zona pembatasan navigasi yang luas di Laut China Selatan. Para pengamat menilai, latihan tersebut menyerupai latihan yang dilakukan tahun lalu di mana Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dilaporkan melakukan latihan rudal balistik anti-kapal pembunuh kapal induk secara langsung. 

Menurut para ahli, rincian tentang latihan yang akan datang tetap spekulatif. Hal itu akan berfungsi sebagai tanggapan terhadap provokasi baru-baru ini, yang menunjukkan bahwa China memiliki senapan berburu yang siap melawan serigala.

Berdasarkan pengumuman yang dirilis oleh Administrasi Keselamatan Maritim China pada hari Rabu, Negeri Panda tersebut akan mengadakan pelatihan militer di Laut China Selatan mulai Jumat hingga Selasa, dan kapal lain dilarang memasuki zona pembatasan navigasi.

Baca Juga: India mengerahkan sejumlah kapal perang di Laut Cina Selatan

Media Pertahanan Nasional pada hari Kamis (5/8/2021) memberitakan, koordinat yang diberikan dalam pemberitahuan tersebut menunjukkan bahwa zona eksklusif membentang dari perairan di tenggara Pulau Hainan hingga sebagian besar perairan di sekitar Kepulauan Xisha, yang berarti bahwa area latihan lebih besar daripada Pulau Hainan. 

Pemberitahuan itu tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang latihan tersebut, tetapi sebuah kantor berita yang berbasis di Taipei melaporkan bahwa PLA meluncurkan rudal balistik anti-kapal di Laut China Selatan dalam latihan serupa tahun lalu.

Baca Juga: Angkatan Laut AS gelar latihan skala besar, dari Laut Hitam hingga Laut Cina Selatan

Latihan tahun lalu, yang dilakukan dari 24 hingga 29 Agustus, juga menampilkan zona pembatasan navigasi di lokasi yang hampir sama dan dengan ukuran yang sama yang diumumkan oleh Administrasi Keselamatan Maritim.




TERBARU

[X]
×