kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

SoftBank dan Toyota berniat investasi lebih dari US$ 1 miliar di Uber Technologies


Kamis, 14 Maret 2019 / 22:49 WIB

SoftBank dan Toyota berniat investasi lebih dari US$ 1 miliar di Uber Technologies

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. SoftBank Group Corp dan Toyota Motor Corp berencana menginvestasikan lebih dari US$ 1 miliar ke Uber Technologies Inc. Investasi ini akan digelontokan pada program self-driving Uber yang menelan biaya ratusan juta dolar Amerika Serikat (AS).

Uber dan Softbank menolak untuk berkomentar. Sementara itu, Toyota mengatakan tengah meninjau dan mempertimbangkan berbagai pilihan untuk investasi. Mengutip Reuters, sebelumnya, Wall Street Journal mengabarkan bahwa kesepakatan investasi tersebut bisa tercapai pada bulan depan.


Investasi tersebut akan membuat Uber memiliki valuasi US$ 5 miliar-US$ 10 miliar. Di samping itu, investasi ini dinilai juga dapat membantu Uber yang berencana untuk melaksanakan initial public offering (IPO) dengan nilai saham mencapai US$ 100 miliar.

Setelah kabar ini beredar, saham SoftBank Group naik 4% di perdagangan Tokyo Kamis pagi (14/3). Sementara, saham Toyota datar.

Tahun lalu, Toyota menyuntikkan US$ 500 juta ke Uber untuk proyek mobil self-driving. Inovasi ini dilakukan Uber demi mengurangi biaya operasi. Maklum, tahun lalu perusahaan ini kehilangan sekitar sekitar US$ 3,3 miliar.

Sebelumnya, SoftBank juga telah berinvestasi sebanyak US$ 2,25 milair di Cruise, unit self-driving General Motors Co. Begitu juga Honda yang telah mendanai Motor Co Ltd.


Sumber : Reuters
Editor: Yoyok

Video Pilihan


Close [X]
×