kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SoftBank dekati tiga bank terbesar Jepang untuk selamatkan WeWork


Kamis, 21 November 2019 / 16:47 WIB
SoftBank dekati tiga bank terbesar Jepang untuk selamatkan WeWork
ILUSTRASI. Logo WeWork di New York City, New York, (8/1). SoftBank dekati 3 bank teratas di Jepang cari pinjaman US$ 2,8 miliar selamatkan WeWork. REUTERS/Brendan McDermid/File Photo


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - TOKYO. SoftBank Group Corp disebut tengah menjajaki tiga bank besar di Jepang untuk cari pinjaman sebesar US$ 2,8 miliar atau 300 miliar yen yang akan digunakan menyelamatkan perusahaan start up WeWork.

Hal itu disampaikan oleh sumber Reuters pada Kamis (21/11). Meski pembicaraan resmi belum dimulai, sumber menyebut tiga bank yang didekati SoftBank adalah Mizuho Financial Group Inc, Mitsubishi UFJ Financial Group Inc, dan Sumitomo Mitsui Financial Group Inc.

Baca Juga: Indeks Nikkei turun ke level terendah dalam tiga pekan

Juru bicara SoftBank mengayakan bahwa pinjaman adalah salah satu opsi yang tengah dikaji perusahaan namun belum ada keputusan final. Sementara ketiga bank yang disebut tengah didekati itu menolak berkomentar saat dikonfirmasi Reuters.

SoftBank pada Oktober lalu sepakat menawarkan untuk menyelamatkan WeWork yang diambang kebangkrutan sebesar US$ 9,5 miliar.

SoftBank telah memberi bank-bank Jepang peluang keuntungan yang langka di dalam negeri saat sebagian besar dilumpuhkan oleh suku bunga yang sangat rendah.

Namun para bankir melihat, tiga bank besar di Jepang itu juga sangat berhati-hati dalam memberikan pembiayaan terhadap perusahaan konglomerasi itu mengingat kekacauan yang diakibatkan WeWork.

Baca Juga: AmCam: Investasi Amerika di Indonesia sudah menembus US$ 36 miliar

"Kita harus sangat berhati-hati tentang ini. Terutama jika uangnya masuk ke WeWork, akan butuh waktu lama untuk menyimpulkan prosesnya." kata salah satu sumber Bankir kepada Reuters dikutip, Kamis (21/11).

SoftBank pada awal bulan ini melaporkan kerugian kuartalan pertama dalam 14 tahun terakhir akibat investasinya di start up bidang teknologi. Kerugian tersebut disumbang dari kerugian vision fund yang mencapai US$ 8,9 miliar karena jatuhnya penilaian valuasi teknologi terkemuka seperti WeWork dan Uber.




TERBARU

[X]
×