kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Spekulasi Pembelian Saham Lehman Semakin Memanas


Rabu, 03 September 2008 / 20:39 WIB
Spekulasi Pembelian Saham Lehman Semakin Memanas


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

SEOUL. Koran Chosun Ilbo yang memiliki oplah terbesar di Korea Selatan, hari ini menulis bahwa Korean Development Bank (KDB) telah mengajukan proposal untuk membeli 25% saham Lehman Brothers Holding Inc. Nilai transaksi itu mencapai 5 triliun - 6 triliun won atau sekitar US$ 4,3 miliar - US$ 5,3 miliar. Akuisisi itu akan mereka lakukan melalui konsorsium bersama dengan dua perusahaan finansial Korea, yakni Woori Financial Group dan Shinhan Financial Group.

Berita Chosun Ilbo keluar sehari setelah KDB mengakui bahwa mereka sedang membicarakan transaksi tersebut dengan Lehman. Pernyataan KDB ini mengakhiri spekulasi dan rumor hangat yang telah berlangsung selama berminggu-minggu.

Lehman, bank investasi terbesar di Amerika Serikat, butuh suntikan modal untuk menutupi kerugian aset berbasis kredit subprime mereka. Lehman juga mencari pihak yang mau membeli US$ 40 miliar kredit perumahan komersial dan properti yang tercatat di bukunya.

KDB sendiri tak memberi rincian negosiasinya dengan Lehman. Selasa kemarin (2/8), Gubernur KDB Min Euoo-sung hanya bilang, negosiasi harga transaksi itu cukup alot. "Kami belum bisa menyempitkan perbedaan dengan Lehman," terangnya.

Dalam pernyataan tertulisnya, kemarin, KDB juga menyatakan, "KDB telah mempertimbangkan merger dan akuisisi dengan beberapa bank asing dan perusahaan aset manajemen, termasuk Lehman. Meskipun, semua itu belum diputuskan."

Anehnya, kedua bank Korea yang disebut-sebut itu mengaku sama sekali tak terlibat dalam pembelian Lehman. "Kami tak mempertimbangkan dengan serius ide ini dan tidak punya rencana untuk melakukannya di masa datang," ujar jurubicara Shinhan, perusahaan jasa finansial terbesar kedua di Korsel. Adapun Woori Finance menyatakan, "Kami tak menerima tawaran pembelian Lehman. Kami pun tak pernah mempertimbangkannya."

Selain melaporkan rencana KDB itu, kemarin, Chosun Ilbo juga melaporkan bahwa beberapa perusahaan lain juga tertarik  membeli Lehman. Mereka adalah HSBC Holdings, sejumlah hedge fund Amerika Serikat, dan sebuah bank China. Dalam semua beritanya ini, Chosun Ilbo mengutip seorang sumber anonim dari pasar finansial.

Sebuah berita lain di surat kabar Inggris Sunday Telegraph menyatakan, CITIC Securities asal China serta lembaga investasi dari Qatar dan Abu Dhabi juga turut tertarik pembeli saham Lehman Brothers.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×