kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,21   7,90   0.87%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Spotify akan hentikan iklan politik awal tahun 2020


Sabtu, 28 Desember 2019 / 12:00 WIB
Spotify akan hentikan iklan politik awal tahun 2020


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Spotify Technology SA menyatakan akan menghentikan penjualan iklan politik di platform streaming musiknya pada awal 2020.

Mengutip Reuters, Jumat (27/12) layanan streaming musik berbayar paling populer di dunia, dengan hampir 141 juta pengguna mengatakan, penghentian iklan politik ini juga akan meluas ke Spotify podcast asli dan eksklusif.

Langkah ini, yang pertama kali dilaporkan oleh Ad Age, muncul sebagai kampanye untuk pemilihan presiden AS pada November 2020 yang memanas.

Platform online, termasuk Facebook Inc dan Alphabet Inc.Google berada di bawah tekanan yang semakin besar terhadap kesalahan informasi polisi di platform mereka dan berhenti menayangkan iklan politik yang mengandung klaim yang salah atau menyesatkan.

Twitter Inc melarang iklan politik di bulan Oktober, dan bulan lalu Google mengatakan akan berhenti memberikan pengiklan untuk menargetkan iklan pilihan dengan menggunakan data seperti catatan pemilih publik dan afiliasi politik umum.

Baca Juga: Pemerintah memburu pajak Netflix dan Spotify lewat omnibus law

"Pada saat ini, kamu belum memiliki tingkat ketahanan yang diperlukan dalam proses, sistem dan alat kami untuk memvalidasi dan meninjau konten ini secara bertanggungjawab," kata juru bicara Spotify dalam sebuah pernyataan kepada Reuters.

"Kami akan menilai kembali keputusan ini karena kami terus mengembangkan kemampuan kami."

Spotify, yang hanya menerima iklan politik di Amerika Serikat, tidak menjawab pertanyaan Reuters tentang berapa banyak pendapatan yang dihasilkan perusahaan dari iklan politik.

"Spotify bukan platform periklanan online yang banyak digunakan untuk kampanye sebelumnya," kata Eric Wilson, ahli strategi digital Republik.

"Tetapi karena platform online lainnya membatasi inventaris iklan politik mereka, pengiklan mencari opsi baru."

Baca Juga: Konflik Taylor Swift Ungkap Injeksi Dana Perusahaan Ekuitas ke Dunia Hiburan

Kebijakan baru akan mencakup kelompok-kelompok politik seperti kandidat untuk jabatan, pejabat terpilih dan ditunjuk, partai politik, komite aksi politik (PAC) dan SuperPACS, serta konten yang mendukung atau menentang entitas tersebut. 

Spotify juga tidak akan menjual iklan yang mendukung hasil legislatif dan yudisial.

Langkah ini hanya berlaku untuk penjualan iklan Spotify, bukan iklan yang disematkan dalam konten pihak ketiga, meskipun itu masih akan tunduk pada kebijakan konten Spotify yang lebih luas.  




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×