Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - STOCKHOLM. Perusahaan streaming musik Spotify mengatakan akan meluncurkan pasar iklan untuk podcast di lima pasar baru, termasuk Swedia dan India.
Spotify Audience Network, yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2021, tersedia di sembilan negara seperti Jerman dan Amerika Serikat untuk penerbit dan kreator podcast untuk memonetisasi konten mereka.
Baca Juga: Tren Akhir Tahun, Begini Cara Melihat Playlist Spotify Wrapped 2023
Setelah menginvestasikan lebih dari satu miliar dolar untuk membangun bisnis podcast dengan 5 juta judul dan 100 juta pendengar podcast, Spotify berfokus untuk meningkatkan pendapatan iklan dari format tersebut.
"Kami sering mendengar dari pelanggan kami bahwa mereka enggan untuk berinvestasi di podcast karena kurangnya penargetan audiens dan tantangan untuk menjangkau pendengar podcast dalam skala besar," ujar Brian Berner, global head of advertising sales Spotify, Kamis (16/11).
"Spotify Audience Network menjawab dua tantangan ini secara langsung."
Baca Juga: Apa Itu Spotify Jam? Begini Cara Menggunakan Fitur dan Mengundang Teman
Pada kuartal ketiga terakhir, pendapatan iklan perusahaan meningkat 16% dari tahun sebelumnya dan pendapatan iklan podcast tumbuh dalam kisaran dua digit.