kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,04   5,71   0.63%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Stan Fischer, calon wakil gubernur The Fed


Minggu, 12 Januari 2014 / 22:00 WIB
ILUSTRASI. Running With The Devil: The Wild World of John McAfee, tontonan dokumenter terbaru yang akan tayang di Netflix minggu ini.


Sumber: Bloomberg | Editor: Wahyu T.Rahmawati

WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, akan menominasikan mantan Gubernur Bank Sentral Israel, Stanley Fishcer sebagai Wakil Gubernur The Federal Reserve. Fischer yang berusia 70 tahun, akan menggantikan Janet Yellen di posisi nomor dua Bank Sentral AS.

Fischer yang merupakan warga negara AS dan Israel, pensiun dari jabatan Gubernur Bank of Israel pertengahan tahun lalu. Mantan ekonom Bank Dunia ini pernah mengajar di MIT Department of Economics dan University of Oxford, serta menjadi pembimbing thesis Gubernur The Fed saat ini Ben Bernanke, Gubernur Bank Sentral Eropa Mario Draghi dan Greg Mankiw, Chairman Council of Economic Advisers yang merupakan penasihat kebijakan ekonomi Presiden pada tahun 2003-2005.

Dalam pernyataan, Obama mengatakan, Fischer merupakan tokoh yang dikelar luas dan berpengalaman banyak soal kebijakan ekonomi. "Saya yakin, dia dan Janet Yellen akan menjadi tim yang hebat," kata Obama seperti dikutip Bloomberg. Menanggapi pencalonan ini, Fischer mengatakan, dia merasa terhormat.

Fischer merupakan pemimpin bank sentral yang pada awal-awal krisis memulai pemangkasan suku bunga acuan tahun 2008 dan mengawali juga peningkatan suku bunga setelah tampak tanda-tanda pemulihan ekonomi.

Penunjukkan Fischer ini harus lewat persetujuan senat. Orang nomor dua di The Fed biasanya menjadi sekutu paling penting di dewan gubernur. Wakil gubernur ini juga biasanya memiliki tugas penting.

Roger Ferguson, Wakil Gubernur The Fed periode 1999 hingga 2006, membantu membangun sistem finansial ketika ada potensi kegagalan pada pergantian milenium. Dia pun merespon cepat serangan 11 September. Mantan Wakil Gubernur Donald Kohn dan Yellen pun membuka inisiatif komunikasi baru saat krisis finansial pada masa Bernanke.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×