kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Sukses menjadi ratu parkir mobil dan properti di Hong Kong (1)


Kamis, 12 September 2019 / 14:26 WIB

Sukses menjadi ratu parkir mobil dan properti di Hong Kong (1)
ILUSTRASI. FENOMENA - Rita Tong Liu

KONTAN.CO.ID - Rita Tong Liu tercatat menjadi salah satu miliarder dunia. Ia tercatat jadi perempuan terkaya ke empat di Hong Kong. Awal kesuksesannya didapat saat ia menerima hadiah uang dan warisan dari keluarganya. Bermodalkan itu, Liu berani menginvestasikan di bisnis properti. Saat orang belum banyak melirik, Liu berani berbisnis parkiran kendaraan di Hong Kong. Hasilnya: kekayaannya terus bertambah seiring keberaniannya mengakuisisi properti lainnya.

Taipan real estat Rita Tong Liu, merupakan wanita terkaya keempat di Hong Kong. Ia memiliki kisah panjang untuk bisa menjadi sesukses seperti saat ini. Kisahnya berawal, dari hadiah dari keluarganya sebesar HK$ 1 juta. Namun, ia sukses mengembangkan bisnis senilai US$ 3,4 miliar.

Awal 1970-an, Liu menerima uang dari keluarga suaminya untuk mulai berinvestasi. Hadiah itu bersama dengan warisan tanah ibunya di Makau. Ini membantu meletakkan fondasi atas kisah sukses yang kemudian mengangkat Liu menjadi Ketua Gale Well Group, perusahaan properti yang berbasis di Hong Kong.

Berkat itu, Forbes memberikan gelar wanita berusia 71 tahun ini sebagai orang terkaya ke-25 di Hong Kong dan peringkat ke- 504 di dunia. Sampai September 2019, total kekayaan Liu telah menembus nilai US$ 4 miliar, atau meningkat tajam dari 2017 yaitu sebesar US$ 2,7 miliar.

Tidak ada yang namanya kemenangan selalu diraih. Saya hanya mendapatkan lebih baik daripada yang hilang ketika saya mengalami kegagalan, ujar Liu, dilansir dari South China Morning Post.

Liu diperkirakan telah membangun kekayaan miliaran dollar AS. Melalui perhitungan yang cermat serta penilaian risiko sangat penting, ia berhasil meraih kesuksesan. Ketika suku bunga naik, ia tidak mau membeli properti dalam jumlah besar karena tak mau terbebani bunga pinjaman perbankan yang mahal.


Reporter: Ferrika Sari
Editor: Tri Adi

Video Pilihan

Tag
Terpopuler

Close [X]
×