kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sydney menghadapi periode paling menakutkan dalam pandemi di tengah wabah Delta


Kamis, 24 Juni 2021 / 12:58 WIB
Sydney menghadapi periode paling menakutkan dalam pandemi di tengah wabah Delta
ILUSTRASI. Sebelas kasus lokal baru dilaporkan pada hari Kamis, menjadikan total infeksi dalam wabah terbaru menjadi lebih dari 40.


Sumber: Reuters | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - SYDNEY. Negara bagian terpadat di Australia, New South Wales (NSW), melaporkan kenaikan dua digit dalam kasus baru Covid-19 yang didapat secara lokal untuk hari ketiga berturut-turut. Para pejabat berjuang untuk menahan wabah penyakit yang sangat menular, varian Delta.

"Sejak pandemi dimulai, ini mungkin periode paling menakutkan yang dialami New South Wales," kata Perdana Menteri negara bagian Gladys Berejiklian kepada wartawan di Sydney. NSW telah memberlakukan pembatasan ketat di Sydney, kota terbesar di Australia dan rumah bagi seperlima dari 25 juta penduduk negara itu. Pejabat kesehatan mengatakan, penularan dapat terjadi bahkan melalui kontak minimal dengan orang yang terinfeksi.

Pejabat NSW sejauh ini menolak seruan untuk penguncian keras meskipun Australia memiliki catatan bagus dalam menekan wabah di masa lalu melalui penguncian cepat, aturan jarak sosial yang ketat, dan pelacakan kontak yang cepat. Australia hanya melaporkan kurang dari 30.400 kasus dan 910 kematian sejak pandemi dimulai.

Berejiklian mengatakan, meskipun varian virus sangat menular, pemerintahnya pada tahap ini nyaman dengan tingkat pembatasan saat ini.

Baca Juga: Bursa Asia bergerak bervariasi, inflasi mulai meningkat di Jepang dan Korea

Perdana Menteri negara bagian Australia Barat Mark McGowan telah mendesak otoritas NSW untuk menempatkan negara bagian itu dalam penguncian untuk menghancurkan dan membunuh virus. Dia memperingatkan pembatasan ringan dapat memicu lonjakan infeksi. Australia Barat telah menutup perbatasannya dengan NSW.

Pihak berwenang NSW telah memberlakukan masker wajib di semua lokasi dalam ruangan di Sydney, termasuk kantor, melarang penduduk di tujuh area di timur dan barat Sydney untuk meninggalkan kota, dan membatasi pertemuan di rumah hingga maksimal lima orang untuk menahan wabah pertama di negara bagian itu dalam lebih dari sebulan.

NSW telah diisolasi secara efektif dari bagian lain negara itu setelah beberapa negara bagian, seperti Australia Barat, menutup perbatasan mereka. Negara bagian lain memberlakukan aturan perbatasan yang keras terhadap NSW.

Baca Juga: Sydney isolated as COVID-19 clusters build; NZ tightens curbs in capital

Sebelas kasus lokal baru dilaporkan pada hari Kamis, menjadikan total infeksi dalam wabah terbaru menjadi lebih dari 40. Data Kamis mencakup enam kasus yang terdeteksi setelah pukul 8 malam yang merupakan batas waktu penghitungan yang akan dimasukkan dalam penghitungan hari Jumat.

Parlemen negara bagian NSW pada hari Kamis merilis daftar terbatas politisi yang diizinkan masuk ke majelis setelah Menteri Pertanian negara bagian Adam Marshall dinyatakan positif Covid-19 dan Menteri Kesehatan Brad Hazzard dalam isolasi setelah dia dianggap sebagai kemungkinan kontak dekat dari kasus positif.

Negara bagian Queensland melaporkan tiga kasus lokal baru dan negara bagian Victoria mendeteksi satu. Tetapi pejabat di kedua negara bagian mengatakan kasus tersebut berisiko rendah bagi masyarakat karena orang yang terinfeksi berada dalam isolasi ketika mereka tertular virus.

Tetangga Australia, Selandia Baru melaporkan tidak ada kasus lokal baru pada hari Kamis, sehari setelah meningkatkan level siaga di ibu kota Wellington. Peningkatan status ini terjadi atas kekhawatiran paparan setelah seorang turis Australia dinyatakan positif Covid-19. Turis ini dinyatakan positif di setelah kembali ke Sydney dari kunjungan di Wellington akhir pekan lalu.

Wellington pindah ke peringatan 'level 2', atau kurang dari satu penguncian, hingga Minggu tengah malam sebagai tindakan pencegahan terhadap potensi wabah.

Baca Juga: Varian Delta akan mencapai 90% dari total kasus Covid-19 di UE pada Agustus 2021




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×