kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,02   3,68   0.41%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

T-Mobile dan Orange Lakukan Merger


Selasa, 08 September 2009 / 15:08 WIB
T-Mobile dan Orange Lakukan Merger


Sumber: BBC | Editor: Dikky Setiawan

LONDON. T-Mobile Inggris dan Orange akan melakukan merger dan menjadi perusahaan ponsel terbesar di Inggris dengan 28,4 juta pelanggan.

Kesepakatan antara pemilik Orange, France Telecom dan Deutsche Telekom's (T-Mobile Inggris) akan menciptakan kesepakatan bisnis dengan nilai transaksi penjualan 9,4 miliar Euro atau sekitar US$ 13,5 miliar.

Perusahaan hasil merger akan memiliki sekitar 37% dari pasar ponsel di Inggris, menyalip pemimpin saat ini, Telefonica O2. Ini adalah kesepakatan kedua dari perusahaan besar selama dua hari berturut-turut, setelah produsen makan Kraft Food's mengajukan proposal sebesar £ 10,2 miliar untuk mengambilalih Cadbury.

T-Mobile dan Orange mengatakan, bahwa kesepakatan mereka yang sedianya dijadwalkan akan ditandatangani pada November mendatang, memberi manfaat besar bagi pelanggan ponsel di Inggris. Untuk itu, kedua belah pihak berjanji akan memperluas jangkauan jaringan, kualitas jaringan yang lebih baik, dan meningkatkan layanan pelanggan.

Kedua merek akan tetap dipakai secara terpisah selama 18 bulan pertama setelah transaksi selesai dilakukan. Direktur Utama Orange, Tom Alexander akan memimpin perusahaan hasil merger tersebut, dengan bos T-Mobile UK Richard Moat sebagai Direktur Operasional.

Orange mempekerjakan sekitar 12.500 orang di Inggris, sementara T-Mobile mempunyai 6.500 tenaga kerja di Inggris. Seorang juru bicara yang dikonfirmasi BBC membisikan akan ada "efisiensi" yang dapat dilakukan pada kedua perusahaan tersebut. Namun, kata dia, saat ini masih terlalu dini untuk diungkapkan, termasuk dampaknya terhadap nasib karyawan.
Perseroan mengatakan, biaya untuk mengintegrasikan kedua bisnis tersebut berkisar antara £ 600 miliar dan £ 800 miliar. Biaya sebesar itu sudah mencakup untuk menonaktifkan tiang-tiang telepon selular, memangkas kembali jaringan toko dan perampingan operasi lainnya. "Perusahaan harus bisa menghemat pengeluaran sebesar £445 miliar per tahun sampai 2014," tambah sumber itu lagi.

Saat ini T-Mobile menduduki posisi keempat operator selular terbesar di Inggris dengan menguasai pangsa pasar 15%. Pengsa pasar terbesar digenggam oleh O2 yang memiliki pangsa 27%, diikuti oleh Vodafone (25%) dan Orange (22%).




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×