kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,95   -19,57   -2.09%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tahun ini, Singapura proyeksikan kunjungan turis naik 4%


Kamis, 14 Februari 2019 / 21:12 WIB
Tahun ini, Singapura proyeksikan kunjungan turis naik 4%


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada tahun 2018, Singapura mampu gaet 18,5 juta wisatawan untuk datang ke negara dengan ikon patung Merlion tersebut. Melihat kunjungan yang naik 6,2% dari tahun lalu itu, maka tahun ini ditargetkan 18,7 - 19,2 juta kunjungan wisatawan.

Angka tersebut berarti tahun 2019 diproyeksikan naik 1-4% dari sebelumnya. Sektor yang bekerja positif di industri pariwisata Singapura adalah dari sektor Business Travel and Meetings, Incentive Travel, Conventions (BTMICE), perhotelan dan kapal pesiar.

Direktur Area Singapore Tourism Board (STB) Raymond Lim menuturkan bahwa pihaknya ingin memberikan pengalaman wisata baru seperti sektor wisara kapal pesiar yang saat ini terus digenjot.

"Singapura ingin memberikan pengalaman wisata yang baru seperti kapal pesiar," terang Raymond saat Year-In-Review Media & Trade Gathering STB di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski Jakarta pada Kamis (14/2).

Selain itu devisa pariwisata Singapura juga naik 1% menjadi S$ 27,1 pada 2018. Proyeksi tahun 2019 sendiri sebesar S$ 27,3 - 27,9 miliar atau naik 1-3%. Proyeksi tersebut dibuat melihat pertumbuhan pariwisata Asia Pacific saat ini dan peningkatan konektivitas penerbangan ke Singapura.

Meski demikian masih ada tantang yang bisa dihadapi di tahun ini yaitu ketidakpastian ekonomi global, resiko geopolitik dan kompetisi regional.

Terdapat 15 negara utama yang menjadi penyumbang wisatawan di Singapura yaitu, China, Indonesia, India, Malaysia, Australia, Jepang, Filipina, Amerika Serikat, Korea Selatan, Vietnam, Inggris, Thailand, Hongkong, Taiwan dan Jerman.

Negara tertinggi kunjungan wisatawannya ke Singapura adalah China 3,42 juta wisatawan, Indonesia 3,02 juta wisatawan, India 1,44 juta wisatawan, Malaysia 1,25 juta wisatawan dan Australia 1,11 juta wisatawan di tahun 2018.

Konsep baru maupun penyegaran diusung oleh STB salah satunya adalah Jewel Changi Airport. Jewel Changi Airport nantinya berisi atraksi, belanja, kuliner, akomodasi dan fasilitas penerbangan.

Terdapat air terjun indoor yang akan jadi daya tarik Jewel Changi Airport. Masih ada Design Orchard yang baru saja dibuka pada Januari 2019 merupakan kawasan berbelanja yang berisi merk - merk lokal.

Kiat Singapura mempercantik bandara disebut Raymond lantaran bandara akan menjadi lokasi pertama yang dilihat turis maka dari itu kesan menawan harus disuguhkan.

"Bandara bukan hanya tempat penerbangan, jadi harus bisa menawarkan pengalaman yang menyeluruh bukan hanya transit saja. Pertama kali kamu ke sebuah negara pasti yang jadi kesan pertama airportnya dan itu yang ingin dicapai Singapura," terang Raymond.

Sedangkan untuk pasar Indonesia sendiri Raymond menjelaskan akan berupaya menjaga pertumbuhan dari sektor belanja wisatawan.

"Design Orchard di mana brand lokal Singapura semua ada di situ dan uniknya ada parfum khas wangi tempat di Singapura. Lokasinya tepatnya tidak jauh dari Somerset MRT Station," jelas Raymond.




TERBARU

[X]
×