kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tangkal ancaman uang kripto, Korea Selatan bakal uji coba mata uang digital


Senin, 24 Mei 2021 / 12:35 WIB
Tangkal ancaman uang kripto, Korea Selatan bakal uji coba mata uang digital
ILUSTRASI. Bitcoin.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Selatan bakal memiliki mata uang digital yang didukung oleh bank sentral. Bank of Korea menyatakan pada Senin (24/5), akan memilih pemasok teknologi untuk membangun platform percontohan untuk mata uang digital. 

Mengutip Reuters, Bank sentral Korea Selatan melakukan penawaran terbuka untuk meneliti praktik peluncuran mata uang digital bank sentral untuk tahap uji coba. Hal ini sebagai langkah eksplorasi pertama di ekonomi terbesar keempat di Asia itu.

Pembentukan mata uang digital muncul ketika makin populernya bitcoin dan cryptocurrency lainnya. Sehingga membuka kemungkinan bahwa pesaing uang tunai tradisional dapat mengubah cara sektor keuangan beroperasi.

Baca Juga: Begini kata pencipta Ethereum soal anjloknya harga mata uang kripto

"Pangsa transaksi tunai menurun secara signifikan. Langkah yang kami lakukan sekarang adalah mempersiapkan perubahan sistem penyelesaian pembayaran yang berubah dengan cepat,” ujar seorang pejabat Bank of Korea dalam pernyataan resmi.

Bank sentral menyatakan Platform tersebut akan berisi simulasi bank komersial dan gerai ritel, dan uji coba akan mencakup pembayaran melalui telepon seluler, transfer dana dan melakukan penyetoran. Program percontohan akan berlangsung dari Agustus hingga Desember tahun ini, yang dapat diperluas ke tahap kedua tahun depan.

Bank sentral dari China hingga Inggris dan Swedia sedang mengembangkan mata uang digital untuk memodernisasi sistem keuangan mereka. Hal ini diambil untuk menangkal ancaman dari cryptocurrency dan mempercepat pembayaran domestik dan internasional.

Bank sentral yang mewakili seperlima populasi dunia kemungkinan akan menerbitkan mata uang digital mereka sendiri dalam tiga tahun ke depan, sebuah survei dari Bank for International Settlements menunjukkan.

Selanjutnya: Harga Bitcoin anjlok, berikut rekomendasi aset kripto pekan ini




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×