kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tarif iklan Facebook Ronaldo termahal


Selasa, 02 Desember 2014 / 07:39 WIB
Tarif iklan Facebook Ronaldo termahal
ILUSTRASI. Promo Blu CGV


Reporter: Dessy Rosalina | Editor: Sanny Cicilia

MADRID. Tahun ini, panggung popularitas sepakbola sejagat raya dikuasai Cristiano Ronaldo. Setelah menggeser Lionel Messi pada perhelatan FIFA Ballon d’Or di awal tahun ini, pemain Real Madrid asal Portugal itu kembali menyingkirkan Messi di dunia sosial media.

Ronaldo menghebohkan dunia dengan menyandang status sebagai pemilik tarif iklan termahal di akun Facebook. Konsultan sosial media asal Jerman, Cologne, menyatakan, tarif iklan di Facebook Ronaldo seharga US$ 143.750 per produk. 

Tarif selangit ini dua kali lipat lebih tinggi ketimbang Lionel Messi. Tarif iklan Facebook peraih tiga trofi FIFA Ballon d’Or ini hanya US$ 62.500 per produk.

Max Barnett, Head of Digital Repucom di Inggris menyatakan, pemain sepakbola kini serius menggarap sosial media sebagai ajang mencari duit. “Saat ini Ronaldo adalah raja di Facebook,” ujar Barnett seperti dikutip Bloomberg, Senin (1/12).

Tim khusus
Barnett bilang, tarif iklan selebritis Facebook tidak hanya berdasarkan jumlah pengikut, tapi juga jumlah “like” dan "comment". Atas dasar itulah, pesohor sepakbola serius mengelola situs sosial media. Tim khusus ini biasanya mencari momentum untuk meramaikan perbincangan di sosial media. 

Misal, duel musuh bebuyutan “El Clasico”, yakni pertandingan antara Real Madrid versus Barcelona. Luis Correia, CEO Polaris Sports, menyatakan, sekitar lima hingga enam orang khusus bekerja untuk mengelola akun sosial media milik Ronaldo. Polaris merupakan konsultan yang mengelola hak cipta Ronaldo. 

Setali tiga uang, Messi juga memiliki tim khusus untuk mengembangkan akun sosial media menjadi aset bernilai. Saat ini, fans Ronaldo di akun resmi Facebooknya mencapai 102,5 juta akun. Angka ini jauh di atas Messi yang sebanyak 75,7 juta. 

Di dunia maya, followers Ronaldo hanya terkalahkan oleh penyanyi Shakira. “Pesepakbola harus mulai cerdik menampilkan logo iklan. Sebab, iklan yang terlalu terlihat akan ditinggalkan fans," ujar Barnett.

Tarif iklan Facebook hanya secuil dari pemasukan Ronaldo dari iklan. Sejumlah produk beken tercatat menjadi sponsor Ronaldo. Diantaranya, Nike Inc, Emirates dan Tag Heuer. Mengacu data Repucom, pendapatan Ronaldo dari iklan mencapai US$ 22,5 juta per tahun. 

Angka ini beda tipis dengan Messi yang mengantongi US$ 21,5 juta. Pada musim pertandingan 2012-2013, Real Madrid mendapatkan pendapatan lebih dari US$ 675 juta dari Ronaldo.      




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×