kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tegang! China Tembak Rudal Balistik ke Perairan Sekitar Taiwan saat Latihan Militer


Kamis, 04 Agustus 2022 / 19:52 WIB
Tegang! China Tembak Rudal Balistik ke Perairan Sekitar Taiwan saat Latihan Militer
ILUSTRASI. China menembakkan beberapa rudal balistik ke perairan sekitar Taiwan dalam latihan militer skala besar. Andy Wong/Pool via REUTERS.


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - China telah menembakkan beberapa rudal balistik ke perairan sekitar Taiwan saat meluncurkan latihan militer skala besar sebagai respons atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau itu.

Media pemerintah China melaporkan, latihan tembakan langsung di enam daerah di sekitar Taiwan berlangsung pada Kamis (4/8) siang dan akan berlanjut hingga waktu yang sama pada Minggu (7/8).

Melansir Al Jazeera, Kolonel Senior Shi Yi, juru bicara Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA), mengatakan dalam sebuah pernyataan yang disiarkan media pemerintah, Pasukan Roket di berbagai lokasi di daratan meluncurkan beberapa jenis rudal ke perairan di lepas pantai timur Taiwan.

Menurut Shi, rudal-rudal itu membawa hulu ledak konvensional dan semuanya mengenai sasaran secara akurat. Dia menambahkan, tujuan dari latihan militer itu adalah untuk menguji ketepatan senjata dan kemampuan memblokade akses musuh ke atau menguasai suatu daerah.

Baca Juga: Bikin Ngeri, Latihan Militer China di Sekitar Taiwan Libatkan Senjata-Senjata Ini

Kementerian Pertahanan Taiwan mengonfirmasi peluncuran rudal China tersebut, mengidentifikasi sebagai rudal balistik kelas Dongfeng. Rudal yang China tembakkan ke perairan di timur laut dan barat daya Taiwan sekitar pukul 13:56 waktu setempat.

Mengutip Al Jazeera, Kementerian Pertahanan Taiwan pun mengutuk latihan militer China tersebut sebagai "tindakan irasional yang merusak perdamaian regional".

Terakhir kali China menembakkan rudal ke perairan sekitar Taiwan pada tahun 1996, menjelang pemilihan kembali Presiden Lee Teng-hui, yang telah mengunjungi Amerika Serikat tahun sebelumnya. 

Pada Rabu (3/8), Komando Teater Timur PLA dalam sebuah pernyataan mengatakan, rudal balistik jarak pendek DF-11 terlibat dalam latihan militer tersebut. Sedang laporan CCTV menyebutkan, rudal hipersonik DF-17 juga bergabung dalam latihan militer itu.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×