Tekanan pemerintah China terhadap perusahaan Jack Ma terus meningkat

Jumat, 25 Desember 2020 | 15:30 WIB Sumber: Bloomberg
Tekanan pemerintah China terhadap perusahaan Jack Ma terus meningkat

ILUSTRASI. The logo of Alibaba Group is seen inside DingTalk office, an offshoot of Alibaba Group Holding Ltd, in Hangzhou, Zhejiang province, China July 20, 2018. Picture taken July 20, 2018. REUTERS/Aly Song


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Regulator China terus meningkatkan cengkeraman mereka terhadap perusahanan orang terkaya China Jack Ma. Saat ini perusahaan Jack Ma, Alibaba Group Holding Ltd dan Ant  Group Co, dalam bidikan pemerintah China untuk diselidiki.

Mengutip Bloomberg, Jumat (25/12), pada hari Kamis, China mengumumkan penyelidikan atas dugaan praktik monopoli di raksasa e-commerce yang berbasis di Hangzhou. Ant Group Co. juga berada di garis bidik, karena bank sentral dan pengawas perbankan akan secara terpisah memanggil afiliasi fintech Ma ke sebuah pertemuan.

Sontak berita ini membuat harga saham Alibaba tergerus 7,9% dalam perdagangan Hong Kong. Hal ini menunjukkan bahwa investor menganggap serius kedua penyelidikan ini.

Namun, perlu juga diketahui bahwa kenaikan saham Alibaba selama 20 tahun terakhir sebagian besar disebabkan kebijakan pemerintah China, yang melindungi dan memanjakan sektor internet yang sekarang berkembang pesat.

Baca Juga: Alibaba Group tersandung kasus dugaan monopoli, otoritas China investigasi

Dengan kedok keamanan nasional, para pemimpin China berturut-turut menerapkan sensor, pembatasan kepemilikan asing, dan pembatasan lain yang menghentikan persaingan dari perusahaan asing.

Selama bertahun-tahun, perusahaan seperti Baidu Inc., Alibaba, dan Tencent Holdings Ltd, secara kolektif dikenal sebagai BAT - dianggap sebagai contoh inovasi dan modernisasi China.

Tidak mengambil apa pun dari pendiri masing-masing, yang membangun bisnis luar biasa dari bawah ke atas, tetapi tidak harus berurusan dengan perusahaan seperti Microsoft Corp., Google, Amazon.com Inc., dan Facebook Inc. memberi mereka perisai pelindung.

Baca Juga: Ini Tekanan Terbaru Pemerintah China terhadap Kerajaan Bisnis Jack Ma

Sementara itu, suasana kelonggaran selama fase pengembangan yang baru lahir membantu menginkubasi perusahaan-perusahaan ini menjadi raksasa di bidangnya. Beijing mengizinkan dan mendorong ini terjadi.

Tapi tampaknya sekarang Kekaisaran Alibaba terlalu besar, dan China ingin memotong sayapnya. Langkah itu tidak terduga. Penawaran umum perdana Ant bulan November, yang akan menjadi yang terbesar di dunia, ditarik pada menit-menit terakhir dan beberapa minggu setelah Ma memberikan pidato di Shanghai yang mengkritik regulator. Kemungkinan perusahaan lain akan menghadapi pemeriksaan serupa.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru