Tema dan Logo HUT ASEAN 2022 yang Diperingati 8 Agustus

Senin, 08 Agustus 2022 | 10:01 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Tema dan Logo HUT ASEAN 2022 yang Diperingati 8 Agustus

ILUSTRASI. Logo HUT ASEAN 2022


KONTAN.CO.ID - Logo HUT ASEAN 2022 dan artinya akan dijelaskan di artikel ini. HUT ASEAN 2022 diperingati pada Senin, 8 Agustus 2022. 

Kamboja menjadi Chairman atau Ketua dalam perayaan HUT ASEAN 2022 yang ke-55 tahun. Kamboja telah menetapkan tema dan konsep logo HUT ASEAN 2022 dengan prinsip bahwa ASEAN sebagai satu komunitas.

Association of Southeast Asian Nations atau ASEAN adalah organisasi antar negara kawasan Asia Tenggara. ASEAN berdiri pada 8 Agustus 1967. Tujuan dibentuknya ASEAN pun tercantum dalam Deklarasi Bangkok. 

Salah satu tujuan dibentuknya ASEAN adalah mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial serta pengembangan kebudayaan di kawasan ini melalui usaha bersama dalam semangat kesamaan dan persahabatan. Ini untuk memperkokoh landasan sebuah masyarakat bangsa-bangsa Asia Tenggara yang sejahtera dan damai. 

Lantas, apa tema dan seperti apa logo HUT ASEAN 2022?

Baca Juga: ​Link Twibbon HUT ASEAN 2022 dan Cara Membagikannya di Media Sosial

Tema HUT ASEAN 2022

Dirangkum dari laman resmi ASEAN, tema HUT ASEAN 2022 adalah "ASEAN A.C.T.: Adressing Challenges Together" atau ASEAN A.C.T.: Mengatasi Tantangan Bersama". 

Tema HUT ASEAN 2022 tersebut menampilkan semangat ASEAN yaitu "Togetherness" atau "Kebersamaan" sebagai satu komunitas dan kemauan bersama secara kolektif mengatasi tantangan yang dihadapi di kawasan ASEAN. 

“Kebersamaan” menekankan pendekatan aksi ASEAN yang berorientasi keterbukaan, itikad baik, solidaritas, dan harmoni dalam keluarga ASEAN.

Baca Juga: Jenderal Penguasa Myanmar Dilarang Hadir di Pertemuan Anggota ASEAN

Logo ASEAN HUT 2022 dan artinya 

Logo HUT ASEAN 2022

Logo HUT ASEAN 2022 memakai simbol bunga teratai yang merepresentasikan seni Khmer berupa ukiran relief di dinding kuil Khmer kuno. Simbol tersebut menggambarkan kemurnian dan regenerasi diri. 

Simbol bunga teratai dikelilingi oleh lingkaran emas yang rumit dengan lambang ASEAN di pusat untuk melambangkan kemakmuran dan harmoni dalam damai. Penempatan yang cermat dari simbol-simbol ini secara keseluruhan mewujudkan semangat dan upaya bersama 10 negara ASEAN. 

Negara-negara ASEAN ini terikat oleh persahabatan dan solidaritas dengan tujuan bersama mengatasi semua tantangan menuju pembangunan inklusif dan berkelanjutan di Komunitas ASEAN sekarang dan di masa depan. 

Baca Juga: Lima Negara Pendiri ASEAN, Sejarah Berdiri, dan Tanggal Berdirinya ASEAN

Logo HUT ASEAN 2022 juga terdiri dari beberapa bagian, yaitu warna biru pada 6 kelopak, warna merah pada 4 kelopak, lingkaran emas, dan logo ASEAN. 

Warna biru pada 6 kelopak melambangkan kedamaian, stabilitas, kepercayaan, kepercayaan diri, solidaritas, dan kerja sama yang merupakan aspirasi inti ASEAN. 

Warna merah dari 4 kelopak melambangkan kehidupan, kesehatan, keberanian dan dinamisme ASEAN. 

Lingkaran menandakan keagungan, kesuksesan, pencapaian, dan kemenangan di sekitar proses pembentukan komunitas, dan rasa kebersamaan dan kesatuan ASEAN. Warna warni melambangkan keragaman etnis dari 10 Negara Anggota ASEAN.

Demikian penjelasan mengenai logo HUT ASEAN 2022 dan tema HUT ASEAN 2022. 

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru