kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terbaru: Saudi minta umat Islam tunda rencana haji di tahun ini karena corona


Rabu, 01 April 2020 / 16:27 WIB
Terbaru: Saudi minta umat Islam tunda rencana haji di tahun ini karena corona
ILUSTRASI. Jamaah berkumpul untuk bermalam di Mina guna menjalankan salah satu rukun di Mekkah, Arab Saudi, Minggu (11/8/2019). ANTARA FOTO/Hanni Sofia/ama.


Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -RIYADH. Arab Saudi berharap umat Islam menunggu sampai ada kejelasan lebih lanjut tentang pandemi coroa atau COVID-19, sebelum berencana melaksanakan ibadah haji tahunan.

Menteri haji dan umrah dalam  TV pemerintah Arab Saudi mengatakan, pandemi corona masih berlangsung di banyak negara, termasuk Arab Saudi.  “Kami ingin umat Islam menunggu untuk melaksanakan ibadah haji,” ujar Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, dalam siaran langsung di TV pemerintah, Selasa  

Sekitar 2,5 juta peziarah dari seluruh dunia biasanya berduyun-duyun ke situs-situs suci Islam di Mekah dan Madinah dalam rangkaian ibadah haji selama seminggu atau lebih.  Ini menjadi kewajiban  bagi umat Muslim  yang berbadan sehat  serta mampu setidaknya sekali dalam seumur hidup mereka.

Bagi Arab Saudi, kewajiban umat Muslim ini juga menjadi sumber utama penghasilan untuk kerajaan.

Ibadah tahunan umat Muslim terbesar dunia ini dijadwalkan akan mulai berlangsung mulai akhir Juli, hanya saja  wabah corona membuat banyak umat muslim mempertanyakan dapat atau tidak mereka melaksanakan kewajibannya, mengingat risiko penyebaran penyakit lebih lanjut dalam pertemuan besar.

Arab Saudi, sebelumnya,  telah menangguhkan umrah atau haji kecil sepanjang tahun sampai pemberitahuan lebih lanjut. Arab Saudi juga telah  menghentikan semua penerbangan penumpang internasional tanpa batas waktu. Bahkan,  pekan lalu, mereka  memblokir masuk dan keluar ke beberapa kota, termasuk Mekah dan Madinah.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×