kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Terompet China Banjiri Afrika Selatan


Selasa, 22 Juni 2010 / 19:44 WIB

Sumber: Reuters | Editor: Markus Sumartomjon

NINGBO. Demam Piala Dunia 2010 menjadi magnet bisnis utama banyak perusahaan di seluruh dunia. Termasuk perusahaan plastik asal China. Rupanya produk yang jadi bawaan wajib para pendukung yaitu terompet plastik ternyata banyak buatan China.

Para produsen plastik negeri tembok raksasa ini mengklaim sekitar 90% terompet plastik yang beredar di Afrika Selatan adalah buatan China. Tak pelak, para produsen plastik China saat ini lagi kebanjiran pesanan produk sangkakala bola ini.

Ambil contoh The Ninghai Jinyi. Perusahaan plastik yang berbasis di Ningbo, Timur China ini saban hari memproduksi 10.000 terompet plastik. “Dalam beberapa hari ke depan. Kapasitas produksi kami bakal meningkat menjadi 25.000 terompet per hari,” kata Wu Yijun, General Manager Ningjai Jinyi.

Menurut Yijun, maraknya para produsen plastik China yang membanjiri pasar Afrika Selatan bukan tanpa perjuangan. Saat perlehatan Piala Dunia sebelumnya, terompet plastik China tidak tumpah ruah. Pasalnya para produsen plastik China tidak menjaga mitra bisnisnya dengan baik. “Sejak Afrika Selatan terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia, kami langsung berhubungan dengan mitra bisnis kami,” katanya. Hingga saat ini Ninghai telah mengapalkan sebanyak 250.000 terompet plastik ke Afrika Selatan.




TERBARU

Close [X]
×