Tetap Waspada, WHO Deteksi 3 Subvarian Baru Omicron yang Lebih Menular

Kamis, 28 April 2022 | 14:47 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Tetap Waspada, WHO Deteksi 3 Subvarian Baru Omicron yang Lebih Menular

ILUSTRASI. A logo is pictured on the headquarters of the World Health Orgnaization (WHO) in Geneva, Switzerland, June 25, 2020. REUTERS/Denis Balibouse/File Photo


KONTAN.CO.ID - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mendeteksi tiga subvarian baru Omicron yang lebih menular dari BA.2 yang saat ini paling menular. 

"Sampai saat ini dan dengan data terbatas yang tersedia, tampaknya BA.4, BA.5, dan BA.2.12 lebih menular dibandingkan BA.2," kata WHO dalam Pembaruan Epidemiologi Mingguan Covid-19, dikutip Kamis (28/4).

Hanya, dari data yang tersedia saat ini, bukti tidak menunjukkan perbedaan dalam tingkat keparahan penyakit atau gejala klinis. "Lebih banyak data diharapkan karena penelitian sedang berlangsung," sebut WHO.

Baca Juga: Kabar Baik, Jumlah Kasus dan Kematian Covid-19 Global Terus Menurun sejak Akhir Maret

Menurut WHO, Omicron tetap menjadi varian dominan yang saat ini beredar secara global. Di antara 257.337 sequences yang diunggah ke
GISAID dalam 30 hari terakhir, 256.684 atau 99,7% adalah Omicron.

Tapi, terjadi penurunan sequences yang konsisten dengan tren penurunan kasus Covid-19 secara global. Ini mungkin juga mencerminkan perubahan dalam kebijakan surveilans epidemiologi di beberapa negara, termasuk perubahan strategi pengambilan sampel dan sequencing. 

"WHO merekomendasikan untuk mempertahankan pengawasan ketat untuk SARS-CoV-2 salama sisa fase akut pandemi," tegas organisasi di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu.

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru