kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

The Fed melihat lebih banyak pelonggaran ke depan, untuk memperkuat ekonomi AS


Kamis, 20 Agustus 2020 / 05:15 WIB
The Fed melihat lebih banyak pelonggaran ke depan, untuk memperkuat ekonomi AS


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Risalah pertemuan keijakan The Federal Reserve pada Juli menunjukkan, beberapa pembuat kebijakan The Fed mengatakan bank sentral Amerika Serikat itu mungkin perlu melonggarkan kebijakan lebih lanjut untuk membantu menjaga ekoomi melewati pandemi virus corona.

Mengutip Reuters, Kamis (20/8), The Fed telah memangkas suku bunga menjadi nol dan membeli triliunan dolar obligasi sebagai tanggapan terhadap krisis ekonomi yang dipicu oleh virus, tindakan yang telah memberikan dorongan pada pekerjaan dan pengeluaran.

Namun, menurut pembacaan pertemuan kebijakan 28-29 Juli, anggota Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang mengatur suku bunga melihat rebound dalam pekerjaan sudah melambat dan tambahan "perbaikan substansial" bergantung pada pembukaan kembali aktivitas bisnis yang "luas dan berkelanjutan". 

Baca Juga: Wall Street menghijau, S&P 500 menguji level tertinggi

Sejak bulan lalu, jumlah infeksi harian virus corona telah menurun, tetapi rata-rata masih sekitar 50.000, memperlambat pembukaan kembali bisnis dan, di beberapa bagian negara, memaksa sekolah untuk menunda, membatalkan, atau membatalkan rencana untuk mengadakan kelas tatap muka.

"Memperhatikan peningkatan ketidakpastian tentang prospek ekonomi selama periode intermeeting, beberapa peserta menyarankan bahwa akomodasi tambahan dapat diperlukan untuk mendorong pemulihan ekonomi dan mengembalikan inflasi ke tujuan Komite yakni sebesar 2%," kata risalah rapat tersebut seperti dikutip Reuters.

Para pembuat kebijakan bulan lalu membahas berbagai kemungkinan pendekatan yang mungkin sesuai di beberapa titik, termasuk berjanji untuk mempertahankan suku bunga rendah hingga tolok ukur ekonomi tertentu terpenuhi, atau hingga tanggal tertentu di masa depan. The Fed menggunakan kedua opsi secara efektif selama resesi terakhir.

Dalam apa yang akan menjadi pendekatan baru untuk The Fed, pembuat kebijakan juga menyatakan sedikit dukungan untuk mengadopsi batasan atau target untuk imbal hasil Treasury. "Banyak peserta menilai bahwa batas hasil dan target tidak dijamin di lingkungan saat ini tetapi harus tetap menjadi pilihan" untuk masa depan, kata notulen tersebut.

Pernyataan janji untuk mengejar bentuk kontrol kurva imbal hasil Treasury tidak berjalan dengan baik di pasar Treasury. Imbal hasil obligasi 30-tahun dan obligasi 10-tahun, keduanya naik secara signifikan.

"Tampaknya pasar kurang senang dengan diskusi tentang pengendalian kurva imbal hasil secara khusus," kata Tom Simons, ekonom pasar uang di Jefferies di New York.

Risalah tersebut juga menunjukkan para pembuat kebijakan mendekati kesepakatan tentang perubahan kerangka kebijakan Fed, termasuk "Pernyataan Tujuan Jangka Panjang dan Strategi Kebijakan Moneter" berkala, yang dapat mengakibatkan bank sentral AS bertahan dengan langkah-langkah stimulus agresif jauh lebih lama daripada sebelumnya. 

Pejabat Fed "setuju bahwa ... menyempurnakan pernyataan tersebut dapat membantu dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas kebijakan moneter," laporan risalah tersebut.




TERBARU

[X]
×