kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,72   -19,77   -2.14%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

The Fed Siap Kerek Suku Bunga Pada Maret, Cermati Data untuk Arah Kebijakan Lanjutan


Selasa, 01 Februari 2022 / 05:50 WIB
The Fed Siap Kerek Suku Bunga Pada Maret, Cermati Data untuk Arah Kebijakan Lanjutan


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Pembuat kebijakan Federal Reserve mengatakan mereka akan menaikkan suku bunga pada Maret, tetapi berbicara dengan hati-hati tentang apa yang mungkin terjadi selanjutnya. Ini menandakan keinginan untuk menjaga opsi tetap terbuka dalam menghadapi prospek inflasi yang tidak pasti dan pandemi yang masih berlangsung.

Mengutip Reuters, Selasa (1/2), empat pejabat Fed kompak mengatakan bahwa mereka merasa sudah waktunya bagi bank sentral AS untuk mulai menarik dukungan dari ekonomi yang tumbuh kuat dan di mana inflasi berada pada level tertinggi dalam empat dekade.

Meskipun berdasarkan perkiraan analis Wall Street bahwa lima, enam atau bahkan tujuh kenaikan suku bunga akan diperlukan tahun ini, keempatnya menolak untuk menetapkan jalur kebijakan yang jelas yang diharapkan pasar dari siklus pengetatan baru-baru ini.

"Kami pasti siap untuk kenaikan Maret," kata Presiden Fed San Francisco Mary Daly kepada Reuters dalam wawancara telepon singkat. 

"Tapi setelah itu, saya ingin melihat apa yang dibawa data kepada kita ... mari kita lihat Omicron, mari kita lihat ini."

"Saya ingin posisi kami lebih baik," kata Presiden Fed Richmond Thomas Barkin kepada CNBC. 

Baca Juga: January Effect Terganjal Kebijakan The Fed

"Posisi yang lebih baik adalah di suatu tempat yang lebih dekat ke netral, tentu saja, daripada kita sekarang dan saya pikir lajunya hanya tergantung pada laju inflasi."

Gubernur The Fed Jerome Powell mengatakan pekan lalu bahwa dia dan sesama bankir sentral AS berpikir untuk menaikkan suku bunga pada pertemuan 15-16 Maret mereka ketika mereka mulai mengurangi dukungan untuk ekonomi.

Pembuat kebijakan juga diperkirakan akan mulai menyusutkan portofolio bank sentral hampir $9 triliun akhir tahun ini, neraca yang berlipat ganda karena Fed membeli sekuritas Treasury dan sekuritas berbasis hipotek untuk menopang pasar dan memelihara pemulihan dari kerusakan ekonomi akibat krisis ekonomi. pandemi virus corona.

Para pejabat mengatakan bahwa ekonomi AS tidak lagi membutuhkan tingkat dukungan yang sama, dan bahwa mereka perlu mengatasi datangnya inflasi yang tinggi karena permintaan melebihi pasokan. 
Tetapi pandangan mereka tentang seberapa cepat untuk menghapus akomodasi itu kabur, karena mereka tidak dapat memastikan bagaimana inflasi akan berperilaku.

"Kami tahu bahwa masalah rantai pasokan barang akan mereda pada waktunya; itu akan menurunkan harga," kata Barkin. 

Tetapi pada saat yang sama, "kami tahu ada tekanan di sisi layanan dari kenaikan upah," yang cenderung mendorong harga naik.

Memperumit gambaran lebih lanjut, pertumbuhan ekonomi AS dapat melambat pada awal tahun ini - setelah berkembang tahun lalu dengan laju tahunan tercepat sejak 1984 - karena dukungan fiskal berkurang dan lonjakan infeksi yang disebabkan oleh varian Omicron Covid-19 mengganggu pasar tenaga kerja. 

"Kami perlu berpikir dengan sangat hati-hati tentang bagaimana keadaannya, bagaimana ekonomi merespons langkah pertama kami," kata Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic kepada Yahoo Finance. 

"Kami tidak menetapkan lintasan tertentu. Data akan memberi tahu kami apa yang terjadi."

Laporan ekonomi beragam. Ekspektasi inflasi tetap berlabuh secara luas hingga akhir tahun lalu, sementara beberapa tekanan harga yang paling intens mungkin mulai mereda.

Tetapi pemulihan pasar tenaga kerja kemungkinan melambat bulan lalu. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan akan ada penambahan 153.000 pekerjaan pada Januari, paling sedikit dalam setahun, dan sekitar 10% dari mereka yang disurvei berpikir ekonomi kehilangan pekerjaan selama sebulan.

Baca Juga: Wall Street Ditutup Menghijau Usai Melewati Pekan yang Penuh Gejolak

Presiden Fed Kansas City Esther George mengatakan ketidakpastian yang disebabkan oleh virus mempersulit pejabat Fed untuk memberikan jenis panduan yang sama yang telah ditawarkan di masa lalu.

"Tidak ada kepentingan siapa pun untuk mencoba mengganggu ekonomi dengan penyesuaian yang tidak terduga," kata George dalam acara yang diselenggarakan oleh The Economic Club of Indiana. 

"Saya pikir Federal Reserve harus bergerak dengan sengaja dalam keputusannya untuk mulai menarik akomodasi."




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×