kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.398.000   -7.000   -0,50%
  • USD/IDR 15.444
  • IDX 7.667   -55,18   -0,71%
  • KOMPAS100 1.169   -6,32   -0,54%
  • LQ45 945   -5,49   -0,58%
  • ISSI 223   -1,45   -0,65%
  • IDX30 478   -3,06   -0,64%
  • IDXHIDIV20 580   -4,27   -0,73%
  • IDX80 132   -0,78   -0,59%
  • IDXV30 137   -1,35   -0,98%
  • IDXQ30 160   -0,99   -0,61%

The Fed Tahan Suku Bunga, Powell Beri Sinyal Pemangkasan di September 2024


Kamis, 01 Agustus 2024 / 06:20 WIB
The Fed Tahan Suku Bunga, Powell Beri Sinyal Pemangkasan di September 2024
ILUSTRASI. The Fed mempertahankan suku bunga di kisaran 5,25%-5,5% dengan potensi pemangkasan di September 2024


Reporter: Anna Suci Perwitasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Federal Reserve (The Fed) memutuskan kembali mempertahankan suku bunga acuan di kisaran 5,25%-5,5%. Namun, bank sentral Amerika Serikat (AS) tersebut juga memberi sinyal potensi pemangkasan suku bunga paling cepat terjadi di bulan September 2024.

Rabu (31/7), Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengungkapkan, potensi penurunan suku bunga dapat terjadi jika ekonomi AS mengikuti jalur yang diharapkan. Ini menempatkan The Fed mendekati akhir dari pertempuran melawan inflasi selama lebih dari 2 tahun, tetapi tepat di tengah-tengah kampanye pemilihan presiden. 

The Fed mengakhiri pertemuan kebijakan dua hari dengan keputusan untuk mempertahankan suku bunga acuannya tetap pada kisaran 5,25%-5,50% yang ditetapkan setahun yang lalu. Dalam pidatonya, Powell melunakkan deskripsi inflasi dan mengatakan risiko terhadap lapangan kerja sekarang setara dengan risiko kenaikan harga,  yang menjadi bahasa netral yang membuka pintu bagi suku bunga untuk turun, setelah lebih dari dua tahun pengetatan kredit.

Powell mendorong pesan tersebut lebih jauh ke depan dalam konferensi pers pasca FOMC, dengan mencatat bahwa tekanan harga sekarang mereda secara luas dalam ekonomi - apa yang disebutnya disinflasi "berkualitas" - dan bahwa jika data yang akan datang berkembang seperti yang diantisipasi, dukungan untuk pemotongan suku bunga akan tumbuh.

Baca Juga: Wall Street Reli: Dow, S&P 500, Nasdaq Melaju Usai Sinyal Pemangkasan Suku Bunga Fed

"Jika inflasi bergerak turun ... kurang lebih sesuai dengan ekspektasi, pertumbuhan tetap cukup kuat, dan pasar tenaga kerja tetap konsisten dengan kondisi saat ini, maka saya pikir penurunan suku bunga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam pertemuan September," kata Powell.

Sebelumnya, anggota parlemen Republik memperingatkan Powell bahwa penurunan suku bunga pada pertemuan 17-18 September, tujuh minggu sebelum pemilihan umum AS, dapat dilihat sebagai langkah yang dipolitisasi, menyoroti kemajuan inflasi dan menawarkan janji yang menggembirakan tentang kredit yang lebih murah dan hipotek rumah dalam waktu dekat.

Powell, dalam menanggapi pertanyaan dari seorang reporter pada hari Rabu, mengatakan satu-satunya pertimbangan bank sentral adalah keadaan dan arah ekonomi dan kemajuan inflasi kembali ke target tahunan 2%, bukan kalender politik atau nasib partai mana pun.

"Beginilah cara kami memikirkannya. Inilah yang kami lakukan," tegas Powell.

Beberapa pembuat kebijakan The Fed bahkan membahas logika pemotongan suku bunga pada sesi ini, kata Powell, tetapi "perasaan komite (penetapan kebijakan) tidak pada pertemuan ini, tetapi segera setelah pertemuan berikutnya tergantung pada bagaimana data masuk."

MENYIAPKAN PANGGUNG

Pernyataan Powell pada hari Rabu menegaskan apa yang telah dilihat oleh para investor sebagai kepastian bahwa The Fed akan beralih dari era suku bunga yang ketat. Langkah ini dinilai akan membuat inflasi tetap berada di level 2%, tanpa kerusakan yang tidak semestinya pada pasar tenaga kerja.

Powell mengatakan bahwa ia merasa "soft landing" seperti itu sudah di depan mata, dengan data yang "tidak menandakan ekonomi yang lemah. Itu juga tidak menandakan ekonomi yang terlalu panas," katanya.

Pernyataan kebijakan baru The Fed mempertimbangkan pandangan optimis itu, dengan mencatat bahwa "telah ada beberapa kemajuan lebih lanjut menuju tujuan 2% Komite (FOMC)," sementara tingkat pengangguran, pada 4,1%, "tetap rendah."

Bank sentral menggunakan indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi untuk target inflasi 2%. Indeks harga PCE naik 2,5% pada bulan Juni setelah melampaui 7% pada tahun 2022, dan pembacaan inflsi bulanan baru-baru ini menunjukkan bahwa angka tersebut semakin mendekati target.

Baca Juga: Fed's Powell Puts September Rate Cut on Table as US Inflation Cools

Investor melihat komentar Powell sebagai persiapan yang jelas untuk pengurangan biaya pinjaman pada pertemuan The Fed tanggal 17-18 September.

"Mendengarkan dia berbicara, jelas mereka semua siap untuk pemotongan suku bunga September dan mereka akan mempertahankan opsi mereka," kata Mark Malek, kepala investasi di SiebertNXT.

Suku bunga berjangka, saham, dan obligasi Treasury semuanya menguat tajam setelah pernyataan Powell, sedemikian rupa sehingga kemungkinan pemotongan pertama pada bulan September sebesar setengah poin persentase melonjak menjadi sekitar 13% dari sekitar 5% sebelum Powell mulai berbicara, menurut alat FedWatch CME Group. 

Namun, Powell mengatakan, pemotongan 50 basis poin bukanlah sesuatu yang sedang dipertimbangkan secara aktif. 

Sementara pejabat The Fed waspada terhadap tindakan apa pun yang dapat merusak pendekatan data-bukan-politik mereka dalam menetapkan kebijakan moneter, penurunan inflasi yang stabil dalam beberapa bulan terakhir mendorong konsensus luas bahwa pertempuran inflasi hampir berakhir. 

Inflasi, kata The Fed dalam pernyataannya yang disetujui dengan suara bulat, sekarang hanya "agak tinggi," penurunan utama dari penilaian yang telah digunakannya selama hampir tiga tahun bahwa inflasi "tinggi." 

Pernyataan kebijakan The Fed juga menghapus bahasa tetap bahwa mereka "sangat memperhatikan risiko inflasi," dan menggantinya dengan pengakuan bahwa pembuat kebijakan sekarang "memperhatikan risiko bagi kedua belah pihak dari mandat gandanya," yang mencakup tugas dari Kongres untuk mempertahankan lapangan kerja maksimum yang konsisten dengan harga yang stabil. 

Sejauh ini ekonomi "terus berkembang dengan kecepatan yang solid," kata The Fed dalam pernyataannya, dan sementara "penambahan lapangan kerja telah menurun," tingkat pengangguran "tetap rendah." 

Namun, tingkat pengangguran telah meningkat, dan pembuat kebijakan akhir-akhir ini lebih fokus untuk menghindari jenis peningkatan tajam dalam pengangguran yang sering dikaitkan dengan suku bunga tinggi dan inflasi yang melambat.




TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

[X]
×