kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

The Hobbit mendekati kesuksesan Harry Potter


Minggu, 16 Desember 2012 / 22:00 WIB
The Hobbit mendekati kesuksesan Harry Potter
ILUSTRASI. Selasa (7/9), harga saham INTP turun 2,23% di akhir perdagangan bursa. (doc. INTP).


Sumber: Forbes | Editor: Sanny Cicilia

LOS ANGELES. Pekan ini waktunya untuk penggemar Lord of the Rings (LOTR). Film The Hobbit, yang juga diambil dari seri novel fantasi karya JRR Tolkien, mulai diputar di bioskop sejak Jumat lalu (14/12).

Film yang menceritakan petualangan seorang hobbit bernama Bilbo Baggins ini dipercaya bakal menjadi salah satu film franchise terbesar tahun ini. Namun, Forbes memperkirakan, petualangan Bilbo dengan sekelompok grup kurcaci menuju Lonely Mountain untuk mengklaim harta yang pernah dicuri naga Smaug, tidak terlalu kuat menyalip pendapatan yang dihasilkan The Avengers.

Kawanan Iron Man, Hulk, Thor, dan si seksi Black Widow ini meraup penjualan tiket US$ 1,5 miliar. Ini merupakan film dengan penjualan tiket terbesar sepanjang tahun ini.

Toh, petualangan grup Lord Of The Rings tetap memiliki peluang untuk mendekati posisi puncak daftar film franchise. Apalagi, kabarnya, Waner Bros akan memecah The Hobbit dalam tiga film, sehingga rumah produksi ini berpeluang meraup pendapatan lebih besar.

Mengutip data Box Office Mojo, pendapatan franchise terbesar saat ini masih dipegang oleh Harry Potter dengan total pendapatan US$ 7,7 miliar. Sedangkan LOTR di posisi ke-9 dengan pendapatan US$ 2,91 juta.

Nah, mengasumsikan tiga film The Hobbit bisa menarik penjualan sama besarnya dengan LOTR, yaitu rata-rata US$ 970 juta per film, maka pendapatan grup ini bisa terdorong menjadi US$ 5,82 miliar. Dengan pendapatan ini, LOTR bisa duduk di posisi kedua setelah Harry Potter.

Tantangan tetap ada. Soalnya mulai tahun 2015, Walt Disney akan mulai merilis Star Wars. Tidak main-main potensi pendapatannya. Meskipun sudah lewat tujuh tahun sejak LucasFilm merilis seri terakhir film ini, kisah Darth Vader dan putranya Luke Skywalker menduduki posisi kedua daftar film franchise dengan pendapatan total US$ 4,5 juta.

Tapi, analis film meramal LOTR bisa mengumpulkan penjualan di atas US$ 310 juta dan menyalip serial Twilight yang di daftar ini ada di posisi ke-8, dengan pendapatan US$ 3,22 miliar. Sekadar menambahkan, dalam daftar ini, Pirates of Caribbean menduduki posisi ke-3 daftar ini dengan pendapatan US$ 3,73 miliar. Batman di posisi ke-4, dan Shrek di posisi kelima.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×