Tianqi Lithium Meraup US$ 1,7 Miliar dalam IPO Hong Kong, Terbesar di 2022

Kamis, 07 Juli 2022 | 11:17 WIB   Reporter: Adrianus Octaviano
Tianqi Lithium Meraup US$ 1,7 Miliar dalam IPO Hong Kong, Terbesar di 2022

ILUSTRASI. Tianqi akan meraup dana sekitar US$ 1,7 miliar yang merupakan pencatatan saham terbesar di Hong Kong tahun ini.

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Tianqi Lithium, pemasok komponen utama baterai isi ulang China, telah menetapkan harga penawaran sahamnya di Hong Kong mendekati kisaran tertinggi. Dengan harga tersebut, Tianqi akan meraup dana sekitar US$ 1,7 miliar yang merupakan pencatatan saham terbesar di Hong Kong tahun ini. 

Pencatatan saham di bursa Hong Kong ini merupakan pencatatan sekunder untuk perusahaan yang berbasis di Chengdu. Tianqi sudah diperdagangkan di bursa Shenzhen. Penawaran saham Tianqi ini adalah penawaran pertama dengan nilai lebih dari US$ 1 miliar di Hong Kong tahun ini.

Sebagai informasi, nilai IPO di Hong Kong antara Januari-Juni turun lebih 90% dari tahun sebelumnya. Pusat keuangan ini menghadapi pukulan lebih keras oleh kemerosotan global daripada pusat perdagangan lainnya.

Baca Juga: Liontown Australia Teken Kesepakatan Pasokan Lithium dengan Ford Motor

Tianqi Lithium bakal menjual 164 juta saham dengan harga sekitar HK$ 82 setara US$ 10,45 per saham, dengan harga di atas kisaran yang diharapkan. Investor Tianqi termasuk LG Chem, perusahaan kimia terdiversifikasi terbesar di Korea Selatan dan China Aviation Lithium Battery Co milik negara, pemasok untuk pembuat mobil listrik dalam negeri seperti Xpeng dan Geely. 

“Pasokan melebihi permintaan di industri lithium dalam dua dekade terakhir. Tetapi dinamika itu berbalik pada tahun 2021 dengan popularitas atas kendaraan listrik,” kata Jiang Weiping, Chairman Tianqi Lithium, pada konferensi pers minggu lalu, dikutip dari Financial Times, Kamis (7/7).

Baca Juga: Sempat Default, Produsen Lithium Dunia Ini Akhirnya Cuan Pertama Kali Dalam Dua Tahun

Pencatatan kedua saham Tianqi adalah bagian dari penggalangan dana terbaru dari perusahaan baterai dan material kendaraan listrik China ketika negara itu memperkuat dominasinya atas rantai pasokan teknologi bersih global. Perusahaan yang berbasis di Chengdu ini mengumpulkan 735 juta yuan setara US$ 110 juta dalam penawaran umum perdana di Shenzhen pada 2010.

Tianqi menjual 49% saham di unitnya di Australia pada tahun 2020 ke IGO Ltd yang berbasis di Perth seharga US$ 1,4 miliar untuk membantu melunasi pinjaman akuisisi. Kilang litium Kwinana dekat Perth, Australia, perusahaan patungan antara Tianqi dan IGO dan penyulingan litium pertama di luar China, mengirimkan batch pertama lithium hidroksida tingkat baterai pada bulan Mei.

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru