kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,58   -19,63   -1.94%
  • EMAS957.000 -0,42%
  • RD.SAHAM -1.52%
  • RD.CAMPURAN -0.63%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Tidak memiliki wilayah laut, negara berikut tetap diperkuat angkatan laut


Minggu, 29 November 2020 / 05:20 WIB
Tidak memiliki wilayah laut, negara berikut tetap diperkuat angkatan laut


Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam hubungan internasional, kekuatan militer merupakan instrumen yang sangat penting untuk bisa tetap menjaga eksistensi dan kedaulatan suatu negara.

Meskipun tidak memiliki wilayah laut (landlocked), sejumlah negara ini tetap memiliki pasukan angkatan laut sebagai bagian dari alat pengamanan negara.

Dengan militer pula, setiap negara bisa melakukan kerja sama strategis yang sangat luas agar lebih disegani secara global.

Melihat betapa pentingnya kekuatan militer, beberapa negara berikut ini tetap memiliki angkatan laut meski tidak memiliki wilayah laut.

Baca Juga: Kapal amfibi & kapal rudal siluman China gelar latihan perang di Laut China Selatan

1. Laos

Laos adalah satu-satunya negara ASEAN yang tidak memiliki wilayah laut. Meskipun begitu, Laos tetap memiliki pasukan angkatan laut dengan sebutan Lao People's Navy (LPN).

LPN mengoperasikan sejumlah kapal mereka di sepanjang Sungai Mekong yang merupakan wilayah penting negara karena menjadi pembatas antara Laos dengan Thailand, Kamboja, hingga China.

Sungai Mekong jadi titik operasi angkatan laut Laos

2. Uganda

Negara di benua Afrika ini juga memiliki angkatan laut meski tidak memiliki wilayah laut. Angkatan Laut Uganda atau Uganda People's Defence Force Marine Wing bertugas di wilayah Danau Victoria yang berbatasan dengan Kenya dan Tanzania.

3. Rwanda

Rwanda Defence Force saat ini mengoperasikan angkatan laut dalam jumlah kecil di Danau Kivu. Danau Kivu merupakan titik penting yang menjadi bagian dari Rwanda dan Republik Demokratik Kongo. 

Baca Juga: India vs China: Beijing kirim lebih banyak jet J-16 ke wilayah barat




TERBARU
Sukses Berkomunikasi dengan Berbagai Gaya Kepribadian Managing Procurement Economies of Scale Batch 7

[X]
×