Tim Arab Saudi Toreh Sejarah di Piala Dunia, Raja Salman Umumkan Hari Libur Nasional

Rabu, 23 November 2022 | 08:34 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Tim Arab Saudi Toreh Sejarah di Piala Dunia, Raja Salman Umumkan Hari Libur Nasional

ILUSTRASI. Arab Saudi di bawah pimpinan Raja Salman menyatakan 23 November 2022 sebagai hari libur nasional di kerajaan setelah kemenangan tim Arab Saudi atas Argentina. REUTERS/Carl Recine


KONTAN.CO.ID - RIYADH. Arab Saudi di bawah pimpinan Raja Salman menyatakan 23 November 2022 sebagai hari libur nasional di kerajaan. Pengumuman mendadak ini untuk merayakan kemenangan bersejarah Arab Saudi melawan Argentina dalam ajang Piala Dunia FIFA di Qatar.

Melansir Khaleej Times, hari libur nasional ini berlaku untuk semua karyawan di sektor publik dan swasta, serta semua siswa di seluruh negeri. 

TV pemerintah juga melaporkan, bursa saham Saudi juga ditutup pada hari Rabu dan akan dibuka kembali pada hari Kamis.

Seperti yang diketahui, Arab Saudi mengalahkan juara favorit Argentina dengan skor 2-1 di Stadion Lusail di Doha pada hari Selasa di salah satu kejutan Piala Dunia terbesar dalam sejarah.

Penggemar Saudi akan lama merayakan kemenangan menakjubkan tim mereka dan pelatih Prancis mereka Herve Renard bisa dengan cepat menjadi pahlawan nasional.

Tim Arab Saudi belum pernah memenangkan pertandingan pertama mereka di Piala Dunia, di mana Arab Saudi menderita kekalahan 8-0 dari Jerman pada 2002 dan kalah 5-0 dari Rusia pada 2018.

Baca Juga: Jerman vs Jepang Tayang 20.00 WIB dan Jadwal Piala Dunia 2022

Ini bukan pertama kalinya hari libur nasional diumumkan setelah kemenangan Piala Dunia. Penampilan gemilang Kamerun melawan Argentina pada pertandingan pembukaan turnamen tahun 1990-an – sering disebut sebagai salah satu kejutan terbesar dalam sejarah sepak bola - juga mengumumkan hari libur nasional di Kamerun keesokan harinya.

Mengutip Kompas.com, Timnas Argentina sebenarnya berhasil unggul terlebih dahulu pada menit ke-10 berkat gol penalti Lionel Messi. Namun, Argentina gagal mempertahankan keunggulan itu dan tampak sangat kewalahan menghadapi pressing tinggi Arab Saudi.  

Sepasang gol penentu kemenangan Arab Saudi dicetak oleh Saleh Al-Shehri (49') dan Salem Al-Dawsari 54'. 

Timnas Arab Saudi berhasil comeback mengalahkan Argentina meski hanya melepaskan dua tembakan tepat sasaran sepanjang laga.  

Baca Juga: Kejutan, Arab Saudi Kalahkan Argentina 2-1 di Piala Dunia 2022 Qatar

Argentina, bisa dikatakan tidak beruntung karena tiga gol mereka pada babak pertama dianulir dengan alasan offside.  

Hasil di Lusail Stadium membuat rekor tak terkalahkan timnas Argentina yang sudah berjalan 36 laga beruntun sejak Juli 2019 akhirnya resmi terhenti. 

 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru