kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingginya permintaan, pembeli iPhone 13 harus lebih bersabar


Selasa, 28 September 2021 / 10:12 WIB
Tingginya permintaan, pembeli iPhone 13 harus lebih bersabar
ILUSTRASI. iPhone 13


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - CALIFORNIA. Pelanggan Apple Inc harus menunggu beberapa minggu lagi untuk mendapatkan iPhone 13 karena penundaan rantai pasokan dan tingginya permintaan. Adapun penundaan ini menjadi salah satu waktu tunggu terlama untuk produk tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Selama ini, waktu pengiriman untuk iPhone Apple setelah peluncuran baru menjadi indikator bagi analis untuk mengukur permintaan untuk model ponsel andalan terbaru.

Hanya saja, tahun ini lamanya waktu pengiriman juga dipengaruhi masalah rantai pasokan yang mengganggu perusahaan teknologi menjelang musim belanja liburan.

Baca Juga: Ingin beli iPhone 13, rata-rata warga India harus bekerja 724 jam

Mengutip Reuters, analis di JPMorgan dan Credit Suisse mengatakan pelanggan di seluruh dunia yang telah memesan model baru secara online harus menunggu lebih dari empat minggu untuk iPhone 13 Pro dan Pro Max dan sekitar 2 minggu untuk iPhone 13.

Di Amerika Serikat waktu pengiriman untuk seri iPhone 13 dinilai lebih lama dari waktu tunggu untuk seri iPhone 12. Apple pun tidak segera tersedia untuk mengomentari penundaan waktu pengiriman.

"Sementara diakui bahwa sebagian dari ekspansi dalam waktu tenggang adalah karena kendala rantai pasokan, kami masih menemukan peningkatan material sebagai indikator permintaan yang kuat, kemungkinan melebihi ekspektasi investor di dalam peluncuran,” kata analis JPMorgan Samik Chatterjee.

Mitra Apple Verizon, Vodafone UK dan Best Buy pun menanggapi hal tersebut dengan menyebutkan tingginya permintaan dan masalah pasokan produk dalam balasan kepada pelanggan di Twitter. Masalah penundaan ini ramai dibicarakan oleh pengguna di media sosial.

Baca Juga: Penggemar Apple yang ingin punya iPhone 13 bisa membelinya di Singapura

Pada hari Minggu, beberapa pemasok Apple dan Tesla Inc juga menangguhkan produksi di beberapa pabrik China selama beberapa hari untuk mematuhi kebijakan konsumsi energi yang lebih ketat, menempatkan rantai pasokan pada risiko di musim puncak untuk barang elektronik.

IPhone 13 sendiri saat ini dipatok dengan harga antara US$ 699 dan US$ 1.599. Rilisan IPhone terbaru ini telah tersedia untuk pra-pemesanan sejak 17 September lalu dan hadir dengan kamera yang lebih tajam, chip bionik baru, serta konektivitas yang ditingkatkan.




TERBARU

[X]
×