kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkat Pengangguran di China Meningkat Saat Penguncian Melanda


Senin, 18 April 2022 / 11:09 WIB
Tingkat Pengangguran di China Meningkat Saat Penguncian Melanda
ILUSTRASI. Seorang pria mengenakan masker sambil mengendarai skuter melewati jalanan, mengikuti wabah penyakit virus corona (COVID-19), di Beijing, China, Minggu (10/4/2022). REUTERS/Lee Smith/aww/sad.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Penguncian akibat kasus Covid-19 yang meningkat membatasi jutaan orang di rumah mereka dan mendorong pengangguran ke level tertinggi sejak awal pandemi serta membuat pengeluaran konsumen China merosot pada bulan Maret.

Mengutip Bloomberg (18/4), tingkat pengangguran yang disurvei naik menjadi 5,8% pada bulan Maret. Capaian tersebut merupakan yang tertinggi sejak Mei 2020.

"Saya khawatir tentang lapangan pekerjaan, karena itu salah satu tujuan utama pemerintah. Lonjakan tingkat pengangguran akan berdampak pada perekonomian dalam jangka panjang, karena lapangan kerja mendukung kegiatan dari produksi hingga konsumsi,” kata Liu Peiqian, ekonom China di NatWest Group Plc. 

Sementara itu, data resmi menunjukkan percepatan pertumbuhan produk domestik bruto pada kuartal pertama menjadi 4,8%, lebih cepat dari perkiraan para ekonom yang memperkirakan meningkat 4,4%.

Baca Juga: Perekonomian AS Mulai Bangkit, The Fed Siap Kerek Suku Bunga

Penjualan ritel berkontraksi 3,5% dari tahun lalu, penurunan pertama sejak Juli 2020 dan lebih buruk dari yang diproyeksikan para ekonom. Output industri naik 5%, di atas perkiraan median 4%. Pertumbuhan investasi pada kuartal pertama melambat menjadi 9,3%.

Pada basis kuartal-ke-kuartal, ekonomi berkembang pada kecepatan yang lebih lambat 1,3%, menunjukkan momentum pertumbuhan yang melemah. 

Memang, data tidak menangkap sepenuhnya kerusakan yang ditimbulkan pada ekonomi dari penguncian Covid, yang meningkat menjelang akhir Maret ketika pusat keuangan dan perdagangan Shanghai, sebuah kota berpenduduk 25 juta orang, memulai penguncian secara bertahap. 

Sejak itu, beberapa tempat lain termasuk Suzhou dan beberapa bagian Zhengzhou juga telah memberlakukan kontrol yang lebih ketat untuk memerangi infeksi, memaksa produsen seperti perakit iPhone Pegatron Corp. untuk menutup produksi.

Baca Juga: Investcorp Meminang AC Milan Seharga € 1,1 Miliar

Pengeluaran menurun karena jutaan konsumen dikurung di rumah mereka dan kekurangan pengemudi truk dan masalah logistik lainnya menyebabkan keterlambatan pengiriman. 

Pendapatan katering turun 16,4% pada bulan Maret dari tahun lalu, sebagian karena dasar perbandingan yang lebih tinggi dari tahun lalu, tetapi juga merupakan tanda bahwa konsumen tidak mampu atau tidak mau berbelanja.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×